» » » » » » Gusdurian Peduli Dirikan Posko Bersama, Wujud Kepedulian Kepada Warga Ekonomi Rentan.


knpikotasemarang.orgGusdurian Kota Semarang bersama para pemuda lintas agama di Kota Semarang dirikan Posko Bantuan untuk warga terdampak covid-19. Rencananya, sebanyak 200 paket sembako dengan estimasi kebutuhan satu bulan warga akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Hal ini sebagai wujud antisipasi krisis pangan di daerah Semarang, Gusdurian Peduli membuka Posko Bersama peduli kebutuhan ekonomi warga dengan menggandeng jaringan masyarakat Kota Semarang pada Jumat, 3 April 2020.
Tujuan dibukanya posko yang bertajuk “Posko Bersama Saling Jaga Hadapi Corona” ini merupakan langkah antisipatif guna mencegah krisis bahan pangan dan perlindungan kesehatan utamanya untuk ekonomi lemah yang mungkin terjadi pasca dilakukannya imbauan #dirumahaja, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang dilakukan oleh pemerintah beberapa waktu lalu utamanya.

Hal ini sesuai dengan isi edaran dari Gusdurian Peduli, “Pembatasan gerak sosial ini berdampak ekonomi yang sangat besar, dan menghantam langsung kehidupan warga pada tingkat ekonomi lemah.”
Menurut Koordinator Gusdurian Semarang, Sajidin, posko bersama ini dibuka sebagai respon aktif dari Jaringan Gusdurian bersama jaringan masyarakat Semarang guna mengatasi persoalan yang timbul dari pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam program Posko Bersama yang terletak di Jatisari Indah Mijen ini, Gusdurian Peduli turut serta menggandeng jaringan masyarakat Kota Semarang seperti, Gusdurian Semarang, Pelita, Jarilima, Klub Merby, PMII Unnes, DEMA FPK UIN Walisongo, Epidemic Unnes, KMNU Undip, LPM Justisia, Masa, LPM Esensi, Gusdurian Unnes, Gusdurian Undip, Gusdurian Unwahas, dan Gusdurian UIN Walisongo.

"Posko kami nantinya ada dua selain yang di Mijen sebagai tempat untuk stay kawan-kawan yang siap siaga jika ada bantuan datang dan upaya edukasi kepada masyarakat, kita juga menyiapkan tempat jika donasi berupa bahan-bahan pokok menumpuk, kami telah berkoordinasi dengan pihak gereja Santa Theresia Bongsari untuk kami tempati sebagai tempat penyimpanan bahan sembako" tutut Sajidin.

Posko Bersama tersebut mulai menerima donasi terhitung pada Jumat 3 April 2020. Donasi dapat disalurkan via transfer ke rekening BRI dengan nomor: 5949-0102-2089-536 atas nama Dwi Prasasti, dan melakukan konfirmasi setelah memberikan donasi.

Selain itu Posko Bersama ini juga menerima donasi berupa barang seperti; Beras, minyak goreng, gula ,kacang hijau, tepung terigu, garam, kecap, deterjen, pasta gigi, handsanitizer, sabun antiseptik, disinfektan dan masker kain.

“Nantinya donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat utamanya untuk masyarakat ekonomi lemah, sebagaimana yang diinstruksikan dari Gusdurian Peduli,” ungkap Sajidin saat dikonfirmasi melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp (2/4/20).

Selain Posko Bersama di Semarang, posko serupa juga didirikan di 13 daerah lainnya yang diprakarsai oleh Jaringan Gusdurian Indonesia, Gusdurian Peduli, dengan mitra di daerah-daerah seperti DKI Jakarta, Depok, Bandung, Tangerang Selatan, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan beberapa tempat lainnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply