» » » Sumpah Pemuda Momen Penting dalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Sumpah Pemuda Momen Penting dalam Perjuangan Bangsa Indonesia

SUMPAH Pemuda, salah satu momen penting dalam perjuangan Bangsa Indonesia menuju kemerdekaannya. Tanpa Sumpah Pemuda, maka semangat persatuan Bangsa Indonesia tidak akan pernah terwujud. Meskipun Sumpah Pemuda bukanlah usaha pertama kali Bangsa Indonesia untuk mempersatukan keberanekaragamannya, tetapi Sumpah Pemuda tetap menjadi satu langkah penting Bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Salah satu momen pergerakan pemersatu bangsa ini lahir tepat pada 28 Oktober 1928, yang berarti sudah sembilan puluh tahun usianya kini. Sebenarnya, proses terjadinya Sumpah Pemuda tidak sekali jadi. Sumpah Pemuda adalah hasil dari dua kali pertemuan para pemuda Indonesia kala itu yang terlibat dalam Kongres Pemuda I (30 April 1926 – 2 Mei 1926, di Jakarta) dan Kongres Pemuda II (27 – 28 Oktober 1928, di Jakarta), yang pada akhirnya dalam Kongres Pemuda II terciptalah Sumpah Pemuda.

Namun, sayangnya, dengan usia yang begitu tua, semangat membara para pemuda Indonesia dalam Kongres Sumpah Pemuda I dan II kala itu juga ikut menua seiring perkembangan jaman, sehingga semangat persatuan pemuda-pemudi Indonesia kala itu yang bergelora tidak sampai kepada generasi berikutnya, terutama generasi milenial. Lantas apakah semangat Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak sejarah persatuan Bangsa Indonesia akan punah di kemudian hari dan hanya akan menjadi dongeng bagi generasi Bangsa Indonesia ke depannya?

[SUMBER]


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply