» » » Pancasila sebagai Dasar Negara yang Sakti

Pancasila sebagai Dasar Negara yang Sakti


1 Oktober, "Hari Kesaktian Pancasila" yang berkaitan erat dengan peristiwa G30S PKI.

Ketika itu, otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar menyebarkan informasi bahwa peristiwa itu merupakan usaha PKI untuk mengganti Ideologi Bangsa Indonesia. Namun Pancasila terbukti dapat mencegah dan membungkam komunis dan PKI dari Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah bukti sejarah bahwa bangsa ini bisa bertumbuh menjadi bangsa yang besar ketika mampu menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan memaknai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Ada beberapa makna penting Kesaktian Pancasila itu sendiri, yaitu di antaranya


1).Kesaktian pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa Pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun.

2).Makna kesaktian pancasila yang ke dua yaitu hari dimana seluruh anggota serta pejabat militer Indonesia atau TNI berkabung . Hal ini karena pada masa itu banyak sekali perwira TNI yang gugur dan hilang secara tiba- tiba.

3).Penghormatan juga merupakan salah satu makna kesaktian pancasila, dimana setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi Pancasila.

4).Makna Kesaktian Pancasila berikutnya adalah kesaktian Pancasila merupakan upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar Negara serta ideologi bangsa. Pancasila sendiri memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara Indonesia untuk mengatur penyelenggaraan sebuah negara yang meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan

Pancasila tidak akan sakti dengan sendirinya.Kita harus berjuang menjadikan Pancasila sakti. Yaitu Pancasila yang hidup dalam kenyataan. Kesaktian Pancasila harus dimaknai sebagai tuntutan bagi negara dan warganya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

[SUMBER]



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply