» » » 9 Orang Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Belanda - Part 5 (Kapiten Pattimura)

9 Orang Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Belanda - Part 5  (Kapiten Pattimura)

Kapiten Pattimura

Kepahlawanan Kapiten Patimura yang bernama asli Thomas Matulessy dalam menentang kolonialisme di Maluku dianggap sebagai salah satu yang terbesar di wilayah timur Indonesia. Perjuangannya mampu menggerakkan rakyat Maluku untuk melakukan perlawanan, bahkan setelah dirinya tewas dihukum mati. Api perjuangan yang dinyalakan Pattimura sejatinya tidak pernah padam.

Sebelum dihukum mati, perlawanan terbesar Matulessy adalah berhasil menduduki Benteng Duurstede di Saparua, Maluku, yang menjadi satu dari sekian basis kekuatan Belanda di wilayah tersebut. Kabar jatuhnya benteng itu tersebar dari mulut ke mulut hingga didengar oleh seluruh rakyat Maluku yang akhirnya ikut berjuang.

Pattimura sendiri merupakan nama sebuah gelar. Ada yang mengatakan bahwa gelar itu mengandung arti ‘Patih yang murah hati’. Nama Pattimura juga dipakai sebagai nama keluarga atau nama bayi laki-laki yang baru dilahirkan terutama di Seram Barat atau tempat terjadinya pemberontakan kecil melawan pemusnahan kebun-kebun cengkeh dan pala yang disebut hongi. Di Maluku setiap pemimpin perlawanan selalu digelari Pattimura mengikuti jejak Kapitan Pattimura.

[Sumber]


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply