» » » 9 Orang Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Belanda - Part 1

9 Orang Indonesia yang Menjadi Nama Jalan di Belanda - Part 1

KNPI KOTA SEMARANG - SOFYAN MBARKI tampaknya dapat bernapas lega. Usulan anggota Partij van de Arbeid (Partai Pekerja) Belanda ini akhirnya direspon walikota Amsterdam, Femke Halsema. Dalam waktu dekat pengajuan proposal “Keberagaman di Jalanan Amsterdam” yang dibuatnya akan direalisasikan oleh pemerintah Kota Amsterdam.

Diberitakan harian Parool pada Kamis, 1 Agustus 2019 waktu setempat, akan ada 27 tokoh anti-kolonial dari negara bekas jajahan Belanda yang disematkan menjadi nama sebuah jalan di kawasan Ijburg, sebuah pemukiman di tenggara Amsterdam yang berdiri di atas pulau buatan.

“Kami ingin Amsterdam menjadi kota bagi semua orang. Kota orang-orang merdeka yang setara dan nyata,” ungkap walikota Halesma dikutip laman parool.nl.

Menariknya, dari 27 nama yang muncul, sembilan di antaranya diambil dari nama tokoh-tokoh Indonesia. Selain satu nama yang menggunakan istilah keindonesiaan, Merdekastraat atau Jalan Merdeka.

Kesembilan tokoh yang namanya terabadikan menjadi nama jalan tersebut adalah para pejuang yang semasa hidupnya banyak menentang kebijakan kotor praktek imperialisme di Indonesia melalui berbagai tindakan.

[Sumber]


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply