» » » Integritas Perjalanan Pertumbuhan Kebangkitan Pemuda sebagai Harapan Bangsa


Perjalanan tegaknya suatu negara tidak terlepas dari peran seorang pemuda. Sehingga pantaslah, sebuah kalimat magis yang telah melegenda menyebutkan bahwa “Pemuda adalah Harapan Bangsa”. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah catatan sejarah tahun 1928 tentang “Sumpah Pemuda”.

Bukan itu saja, mari kita lihat ke belakang sebuah sejarah telah mencatat peran pemuda sangat berarti dalam proses proklamasi bangsa Indonesia. Di mana, para pemuda pada saat itu menjadi konseptor dan memberikan suasana langkah baru dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Demikian pula, catatan sejarah dunia pada tahun 1923, Hitler dengan NAZI-nya adalah sekelompok pemuda yang dieksploitasi kemampuan kualitasnya menjadi mesin perang. Sehingga pantaslah pemuda adalah mesin generator suatu kebangkitan bangsa.

Oleh sebab itu, pemuda sebagai harapan bangsa perlu diterjemahkan dengan motivasi dan tindakan bukan membiarkan terlepas sendiri. Atau selalu menyalahkan mereka manakala pemuda tersesat dipersimpangan jalan kebenaran. a. Potensi yang dimiliki generasi muda Telah disinggung di atas beberapa potensi yang dimiliki oleh generasi muda. Bahkan Hitler sekalipun menaruh kepercayaan yang sangat besar kepada anak-anak muda tersebut. Selain dari hal-hal yang berlaku di bidang politik dan militer, ada banyak sekali potensi-potensi dari generasi muda.

Dengan potensi yang dimilikinya, generasi muda dapat merubah raut dari wajah bumi ini. Karena, dia bisa membawa bumi ini menjadi tempat yang menyenangkan dan bisa pula membuat bumi ini menjadi tempat yang paling tidak menyenangkan. Semua hal itu tergantung dari pihak-pihak yang mengambil kepentingan terhadapnya. Misalnya dari bidang olahraga ataupun di bidang seni budaya, generasi muda banyak memberikan kontribusi kepada negaranya. Sehingga pemuda menjadi kebanggaan oleh semua orang.

Tetapi apabila seorang seperti Hitler yang memanfaatkannya, maka akan terjadilah suatu bencana yang sangat menakutkan. b. Ada apa dengan generasi muda Memang benar, akhir-akhir ini pemuda tidak begitu menjadi kebanggaan bangsa ini. Dikarenakan pemuda lebih banyak menunjukkan prestasi di bidang-bidang yang berbaur kriminalitas.

Selain itu, di Indonesia sendiri jumlah pengangguran memang sangat besar sekali. Ini dapat di lihat dari hasil survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) tahun 2011 jumlah pengangguran pemuda mencapai lebih kurang sekitar 2.946.000 jiwa. Di mana, memberikan peluang kepada generasi muda untuk berbuat dan bertindak yang melanggar hukum. Sehingga, gelombang-gelombang narkoba dapat melihat suatu lahan yang potensial untuk pemasaran produknya. Dengan sikapnya yang selalu ingin bereksperimen.

Hal inilah yang mengakibatkan banyak generasi muda terjerumus ke dalam jebakan narkoba. Bukan itu saja, banyak para pemuda terhanyut dari pengaruh negative kebudayaan barat. Seperti free sex, materialist dan lain sebagainya. Krisis moral dan perilaku pemuda yang menyamping telah mencapai titik yang tidak bisa ditoleransi lagi. Ini dapat dilihat dari kenyataan disekitar kita. Sehinga, dapat menjadi contoh keadaan pemuda pada saat ini. Kenapa? Karena setiap kita membaca surat kabar, melihat televisi, dan media massa lainnya, kita banyak melihat tindakan dan perilaku pemuda yang telah jauh menyimpang.

Namun walaupun begitu, memang masih ada sebagian pemuda yang masih berprestasi, tetapi apabila yang sebagian ini tidak kita jaga dan lestarikan. Maka, generasi muda yang ini akan segera punah. Jika kita lihat, sebenarnya banyak potensi-potensi pemuda yang masih harus banyak kita gali. Karena pemuda di zaman ini sebenarnya punya modal kekuatan yang sangat besar diberbagai sumber kreatifitas yang belum sepenuhnya tereksploitasi. Disebabkan berbagai faktor, motivator, donator, promotor dan lain-lain yang kerap menjadi dinding penghalang. Dan pada akhirnya menyalurkan ke berbagai hal yang memiliki kecenderungan negative yang disebabkan komplin psikologis.

Karena hal inilah, diharapkan peranan orangtua haruslah bijaksana dan arif sebagai jembatan awal pemuda untuk bangkit menjadi harapan besar dalam proses kebangkitan pemuda. Sehingga nantinya, orangtua haruslah berhati-hati dalam menyinggapi setiap permasalahan para pemuda. Maka, bila ini dapat teratasi, peranan pemuda dapat memiliki arti penting dalam proses revitalisasi perjuangan kebangkitan bangsa dan regenerasi tampuk pimpinan bangsa Indonesia sekarang ini menjadi lebih baik.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply