» » » Generasi Muda Generasi Harapan Bangsa


Pemuda harapan bangsa adalah sesosok pemuda yang sangat diharapkan dan dibutuhkan oleh suatu bangsa yang mampu membangun dan memajukan bangsa agar menjadi lebih baik, mandiri, dan berkualitas. Pemuda harapan bangsa inilah yang akan menjadi penerus perjuangan para pejuang bangsa sebelum kemerdekaan. Pemuda harapan bangsa, harus dapat mengerti dan memahami tujuan dan cita- cita bangsa ini. Mereka sangat dibutuhkan oleh bangsa ini untuk dijadikan contoh atau panutan yang dapat ditiru untuk generasi yang akan datang.

Di jaman era globalisasi seperti saat ini yang menjadi pegangangan para generasi muda bukahlah lagi senapan atau bambu runcing seperti pada jaman penjajahan dulu. Sekarang senjata sesungguhnya yang dibutuh kan oleh para generasi muda saat ini adalah imajinasi, kreativitas, optimisme dan juga realisasi aksi yang dikombinasi dengan sikap dikombinasikan dengan sikap disiplin, kritis dan dinamis, mempunyai vitalitas, tak gampang terseret dalam arus modernisasi, bisa bersikap yang semestinya dalam menghadapi kenyataan, mengenal nilai nilai budaya bangsa, bersedia berkompetisi untuk knowledge based society dan memiliki kepribadian yang pasti. Akan tetapi dimasa sekarang ini banyak pemuda/i yang terjerumus kedalam hal hal yg negatif seperti penggunaan obat obatan terlarang, sikap yg melanggar norma-norma dan terpengaruh dengan budaya yang kebarat baratan hal itu membuat generasi muda saat ini menjadi menyimpang dari adat budaya timur. Tetapi sebagian pemuda perlahan terlihat sudah mulai terarah le gerakan pemuda pada jaman reformasi, bisa kita lihat pada peristiwa Kenaikan BBM kemarin. Unjuk rasa pemuda dan mahasiswa terlihat anarkis. Jika Kenaikan Harga BBM benar-benar terjadi, bisa saja unjuk rasa pemuda dan mahasiswa menjadi unjuk rasa besar-besaran, seperti tragedi trisakti pada zaman reformasi.

Dilihat dari segi positifnya, peranan pemuda terhadap kemajuan bangsa sedikit demi sedikit mulai membaik, misalnya dengan memenangkan kompetisi antar negara. Dengan pemuda menjadi pemenang atau hanya berpartisipasi, itu sudah menjadi peranan dalam kemauan bangsa. Ini adalah salah satu contoh pemuda yang berhasil membawa nama baik bangsa Indonesia.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply