» » » » » Sambut Ramadhan, DPD KNPI Kota Semarang Ikut Meriahkan Tradisi Dugderan

Sambut Ramadhan, DPD KNPI Kota Semarang Ikut Meriahkan Tradisi Dugderan

Sabtu, 04 Mei 2019 DPD KNPI Kota Semarang ikut meramaikan acara arak-arakan dugderan di Balaikota Semarang. Long Mars dengan diiringi alunan musik angklung. Acara berlangsung mulai pukul 12.00 WIB - selesai. Walikota Semarang bersama istri juga melintas dan melihat arak-arakan DPD KNPI Kota Semarang dengan alunan angklung yang meriah.

Dugderan (Jawa: Dhugdhèran) merupakan festival khas Kota Semarang yang menandai dimulainya ibadah puasa di bulan suci Ramadan yang diadakan Perayaan dibuka oleh wali kota dan dimeriahkan oleh sejumlah mercon dan kembang api (nama "dugderan" merupakan onomatope dari suara letusan). "Dug" yang berarti bunyi yang berasal dari bedug yang dibunyikan saat ingin shalat Maghrib. Sementara "deran" adalah suara dari mercon yang dimeriahkan oleh kegiatan ini.

Tradisi dugderan ini telah diadakan sejak tahun 1882 pada masa Kebupatian Semarang di bawah kepemimpinan Bupati R.M. Tumenggung Ario Purbaningrat. Perayaan yang telah dimulai sejak zaman kolonial ini dahulu dipusatkan di kawasan Masjid Agung Semarang atau Masjid Besar Semarang (Masjid Kauman) yang berada di pusat kota lama Semarng dekat Pasar Johar.





















«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply