» » » Berdiskusi Itu Penting


Dalam Khazanah intelektual, sejatinya berdiskusi adalah bagian penting untuk mencapai sebuah keputusan maupun kesepakatan. Jauh sebelum manusia modern menerapkan pola pengambilan keputusan secara partisipatif melalui diskusi, maupun berbagai informasi dan lain sebagainya. Socrates seorang filsuf pada zaman yunani kuno, telah mengatakan bahwa kebenaran-kebanaran itu hanya akan lahir dari meja-meja diskusi.

Kesedaran itu pula, membuat masyarakat kini lebih memahami diskusi sebagai pola dari bagian geerakan literasi. Yakni dengan membaca, berdiskusi, lalu menulis. Menulis jelas merupakan sarana bagi individu untuk menyampaikan aspirasi maupun gagasannya, namun tampak melalui diskusi terlebih dahulu. Maka tulisan tersebut bisa jadi hanya sekedar opini yang subjektif, akan lebih baik jika gagasan yang dimiliki di share di meja-meja diskusi.

Pentingnya diskusi bagi kita semua, selain mampu memperkuat kapasitas personal, diskusi juga mampu menumbuhkan jiwa sosial. Dari diskusi tersebut pula, diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengontrol atmosfer politik maupun kebijakan-kebijakan Pemerintah lebih bergairah.



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply