» » » 5 Alasan Ini Menjelaskan Betapa Pentingnya Pemuda Indonesia

5 Alasan Ini Menjelaskan Betapa Pentingnya Pemuda Indonesia

Kini, setelah hampir satu abad terjadinya momen besar tersebut, kontribusi pemuda makin dibutuhkan. Hal apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1. Pemuda menuju Indonesia Emas 2045.

30 tahun mendatang Indonesia akan "merayakan ulang tahunnya”"yang ke 100. Artinya pada saat itu akan dinilai bagaimana keberhasilan kita, sebagai bagian dari warga Indonesia melanjutkan apa yang founding father kita telah perjuangkan. Lalu, bagaimana posisi pemuda? Sebagai gambaran, saat ini jumlah pemuda Indonesia berjumlah 117 juta. Tentu ini jumlah yang sangaaat besar. Mengapa? Karena jumlah penduduk terbesar kedua di ASEAN setelah Indonesia adalah Filipina dengan total 97 juta penduduk. Artinya kita memiliki jumlah pemuda yang melebihi jumlah penduduk satu negara, lho! Jadi, masih ada alasan untuk menjadi gagal saat menuju Indonesia Emas nantinya?

2. Penguasaan teknologi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi di bidang militer, infrastruktur hingga transportasi akan selalu berkembang melalui berbagai inovasi yang ditemukan oleh pemuda kreatif. Tentu semangat sumpah pemuda akan selalu hidup saat seluruh pemuda di Indonesia memiliki semangat yang sama pula untuk terus berinovasi pula.

3. Industri kreatif yang dipelopori pemuda.

Berbagai industri kreatif di Indonesia mulai dilirik oleh pemerintah sebagai salah satu industri yang mampu dijadikan sebagai penopang saat krisis terjadi. Hal inilah yang kemudian berbagai industi kreatif, tidak hanya konvensional maupun secara digital pula. Berbagai industri kreatif ini kemudian muncul dari pikiran pemuda yang selalu ingin memberikan kontribusi ekonomi kreatif bagi kemajuan bangsa. Tentu pemerintah juga tidak dapat menutup mata dengan terus memprioritaskan produk manufaktur berskala besar yang berasal dari investor asing.

4. Pemuda sebagai guru terbaik bangsa.

"Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncang dunia!" Begitulah yang selalu diteriakkan oleh Soekarno. Hal ini sebagai gambaran bahwa pemuda tidak akan pernah habis termakan oleh sejarah atau waktu. Dengan demikian pemuda akan selalu dijadikan sebagai pionir dalam membangun bangsa. Pemikiran pemuda yang selalu visioner juga menjadikan ide mereka tidak akan pernah terkikis oleh waktu.

5. Pemecah masalah atas berbagai persoalan internasional terkini.

Dalam berbagai forum internasional, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun non-pemerintah, kini mulai melibatkan pemuda di dalamnya. Berbagai konferensi yang membahas permasalahan terkini, seperti kemiskinan, pembangunan, hingga perubahan iklim mulai melihat peranan signifikan pemuda di dalamnya. Hal ini karena generasi selanjutnya yang akan hidup di bumi ini adalah para pemuda ini. Oleh karena itulah, penting bagi pemuda Indonesia pula untuk mulai menyadari, memahami dan memberikan solusi elaboratif atas segala permasalahan yang ada di dunia ini.

Jadi, sudah siapkah kita menjalankan sumpah kita yang telah dirayakan selama lebih dari 85 tahun ini? Jangan sampai ini menjadi ajang seremonial semata di kalangan 117 juta pemuda Indonesia. Selalu tanyakan apa yang dapat menjadi kontribusi kita dalam berinovasi untuk bangsa ini serta jangan pernah menyerah meskipun masih banyak hal negatif yang terjadi di negeri ini karena justru perubahan untuk menjadi lebih baik ada di tangan kita sendiri, kan?





sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply