» » » Pemuda Indonesia Dahulu dan Sekarang

Pemuda Indonesia Dahulu dan Sekarang

Di Indonesia pemuda mempunyai peranan yang sangat penting dalam seluruh rangkaian pembangunan bangsa. Pemuda menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari suatu bangsa. Pemuda itulah yang menjadi generasi yang akan mengisi dan meneruskan keberlanjutan pembangunan bangsa ini. Bangsa dan negara akan maju bila menempatkan pemuda untuk mengisi ruang-ruang pembangunan.

Berbicara tentang pemuda Indonesia, kita akan dihadapkan dengan konteks waktu dengan serangkaian pergerakan pemuda Indonesia dari masa ke masa. Spirit pergerakan pemuda Indonesia diikuti dengan zamannya.Dalam tulisan ini saya akan paparkan pemuda Indonesia dari masa ke masa yang kemudian disebut pemuda Indonesia pra kemeredekaan dan pemuda Indonesia kini.

1. Pemuda Indonesia Pra Kemerdekaan

Era pra kemerdekaan, bangsa Indonesia terhimpit dan tertekan oleh situasi penjajahan. Masa penjajahan ini menjadi masa suram dan kelam bagi bangsa Indonesia. Seluruh upaya dan perjuangan selalu tertuju kepada kemerdekaan. Gencatan senjata, kontak fisik, pemberontakan bahkan upaya diplomasi mewarnai perjuangan saat itu. Cita-cita menuju sebuah kemerdekaan menjadi cita-cita bersama, menjadi semangat bersama pergerakan pemuda dan elemen lainnya  di masa pra kemerdekaan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mencapai kemerdekaan, persatuan, dan kesatuan menjadi napas utama perjuangan kala itu. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 menjadi momen penting kebangkitan pemuda Indonesia. Semangat persatuan akan satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa menjadi perekat utama dan roh pemersatu seluruh komponen dan pemuda Indonesia. Pemuda pra kemerdekaan telah menunjukkan jati diri mereka sebagai generasi yang mampu melihat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama untuk mencapai kemerdekaan.

Sumpah Pemuda tahun 1928 menjadi sejarah penting bagi perjuangan, pergerakan, dan perjalanan pemuda bangsa Indonesia. Sumpah keramat yang dikumandangkan saat itu menjadi bara api yang terus menyala dan membakar setiap jiwa pemuda Indonesia sepanjang masa. Pemuda pra kemerdekaan sangat identik dengan semangat perjuangannya dan menjadi simbol pemersatu bangsa dalam upaya merebut kemerdekaan.

Sampai saat ini semangat satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, warisan sejarah perjuangan anak bangsa, terus dipertahankan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sumpah Pemuda tidak hanya sebagai bagian dari sejarah yang dipelajari, tetapi lebih itu semangatnya harus diaktualisasikan oleh generasi pemuda saat ini dengan berperan aktif mengisi kemerdekaan itu.

2. Pemuda Indonesia Kini

Kalau melihat pemuda pra kemerdekaan lebih pada pergerakan menuju kemerdekaan, maka pemuda Indonesia zaman ini (sesudah kemerdekaan dan reformasi) merupakan generasi yang mengisi kemerdekaan dengan berperan aktif dalam pembangunan bangsa Indonesia. Inilah yang menjadi pembedanya. Pemuda Indonesia saat ini akan menghadapi tantangan yang sangat besar seiring berkembangnya zaman.

Lalu,pertanyaannya, apa yang perlu disiapkan dan karakter pemuda Indonesia yang seperti apa untuk menghadapi era ini? Pertanyaan ini cukup menantang pemuda Indonesia saat ini. Menghadapi tantangan zaman yang semakin maju dari waktu ke waktu dan perkembangan teknologi ini, pemuda Indonesia harus bisa menempatkan dirinya pada posisi pemuda yang progresif, agresif, dan dinamis, selain kemampuan intelktual yang mumpuni dengan tetap menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa. Pemuda adalah simbol progresivitas, agresivitas, dan dinamika.

Pemuda yang progresif adalah mereka yang berpikir maju, bertindak maju, dan berprilaku maju. Otaknya maju, niatnya maju, dan cara kerjanya maju. Pemuda yang progresif adalah mereka yang berhaluan ke arah perbaikan keadaan, karena dia masih segar. Intelektualitasnya segar dan memenuhi tuntutan zaman. Kehendak baiknya memenuhi tuntutan keadaan. Cara kerjanya mampu memperbaiki keadaan. Saat ini kita melihat banyak sekali pemuda Indonesia yang kemudian terjun ke dunia usaha, dunia politik, pemerintahan, dan berbagai bidang kehidupan lainnya.

Pemuda agresif, dari pengertian psikologis adalah mereka yang bernafsu dan berkeinginan besar menyerang sesuatu yang dipandang sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi atau menghambat. Ini ditandai dengan berbagai gerakan pemuda seperti demonstrasi, aksi-aksi damai lainnya, sebagai bentuk protes yang diakibatkan oleh kebijakan-kebijakan yang jauh dari keberpihakan.

Pemuda dinamis adalah mereka yang penuh semangat dan bertenaga dalam bergerak. Mereka yang cepat menyesuaikan diri dengan keadaan. Mereka gesit menanggapi masalah-masalah pelik di sekitar mereka. Mereka yang penuh gairah melaksanakan tugas-tugas pokoknya. Banyak tokoh dan figure dinamis seperti Nelson Mandela, Muhammad Yunus, Ahok, dan banyak figur dinamis lainnya yang pernah mengubah keadaan yang bisa kita sebut sebagai pemuda. Pemuda dinamis ini kemudian memainkan peran mereka, siap bertempur melawan dan mencabut akar hambatan ekonomi (kemiskinan), budaya (kebodohan), dan kekuasaan politik (KKN).

Semangat pemuda Indonesia, dahulu dan sekarang, adalah rangkaian garis pergerakan dan perjuangan. Pemuda Indonesia dahulu melihat persatuan dan kesatuan sebagai modal utama mencapai kemerdekaan. Maka, pemuda saat ini menjadikan semangat persatuan dan kesatuan menjadi spirit dasar mengisi kemerdekaan dengan berperan aktif dalam pembangunan bangsa. Karerna itu semangat ini terus dijaga dan dipelihara agar terus menerus hidup dan tumbuh subur dalam setiap jiwa pemuda Indonesia. Pemuda sebagai generasi penerus dan generasi harapan bangsa harus mampu mengaktualisasikan dirinya untuk mengisi setiap ruang pembangunan bangsa Indonesia, karena di pundak pemudalah bangsa ini akan dititipkan.





sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply