» » » Pemuda Diharapkan Berperan Dalam Pembangunan Bangsa

Pemuda Diharapkan Berperan Dalam Pembangunan Bangsa

Peran pemuda dan mahasiswa di era globalisasi harus bisa menjadi agen perubahan suatu bangsa. Untuk itu, pemuda harus menjadi mitra pemerintah dalam mendorong pembangunan bangsa Indonesia.

"Dunia akan berubah oleh pemuda. Dunia sekarang ini sudah menjadi desa yang global. Kita sadar persaingan bukan hanya di Indonesia. Oleh karena itu, pemuda harus berfungsi sebagai agen kontrol dan perubahan," kata politikus Hanura Pradana Indraputra dalam diskusi bertema "Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Menjaga Stabilitas Nasional Guna Mewujudkan Pembangunan Berkeadilan" di Jakarta

Menurutnya, pemuda jangan hanya sekadar kritis melainkan juga harus memberikan solusi, supaya yang dikritisi bisa melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki segala kekurangannya.

"Memang mengkritisi itu paling gampang apalagi mengkritisi pemerintah. Namun, kita jangan hanya mengkritisi pemerintah tapi harus bisa menjadi komentator pemerintah," ujarnya.

Ia menyadari bahwa pemerintahan saat ini masih ada kekurangan. Namun, yang perlu dipahami bahwa Joko Widodo (Jokowi) baru pertama kali menjadi presiden dan ia juga bukan merupakan pimpinan partai politik. Selain itu, Jokowi juga berlatar wali kota sehingga perlu waktu untuk memimpin Indonesia.

Sehingga, peran pemuda seharusnya bisa bersama-sama untuk merealisasikan visi besar pemerintah. Para pemuda harus bersikap realistis dengan tidak menjatuhkan pemerintahan di tengah jalan. "Kita jangan sampai seperti itu. Kita jaga apa yang sudah terjadi sekarang ini. Kita jaga mimpi ke depan anak-anak kita ke depan," ujarnya.

Pemuda, sambungnya, harus kompak dalam menciptakan pembangunan bangsa yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. Tidak melulu menghakimi pemerintah tanpa lebih dulu mendalami dan mengetahui persoalan yang terjadi.

"Kita juga tidak boleh jumawa, kita tetap mengikuti senior kita. Sebagai contoh kita pemuda nantinya bisa menjadi bangsa besar kalau kita pemuda nantinya lebih baik daripada sebelumnya," pungkasnya.





[sumber]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply