» » Generasi Muda Zaman Sekarang


Generasi Muda Zaman Sekarang
Generasi Muda merupakan ujung tombak sebuah bangsa yang menentukan estafet kepemimpinan selanjutnya yang menentukan arah sebuah bangsa dan menentukan maju tidaknya suatu bangsa. Oleh karena itu betapa pentingnya generasi muda bagi suatu bangsa jika generasi mudanya baik maka sebuah bangsa akan baik namun jika generasi mudanya buruk maka buruklah sebuah bangsa itu.

Masa muda adalah masa yang sangat produktif dimana semangat muda yang meggelora kondisi fisik yang kuat sebagai tonggak dari sebuah bangsa. Selain itu masa muda manusia bias melakukan hal-hal yang produktif dengan kreatifitas tinggi. Pada masa muda juga banyak sekali penemuan-peneman baru yang dihasilkan.

Namun dalam perkembangan zaman yang semakin modern ini generasi muda bangsa ini seolah terkikis moral dan akhlaknya. Seharusnya zaman semakin modern moral dan akhlak generasi muda bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Apalagi sebentar lagi bangsa ini akan mendapat hadiah besar yaitu generasi muda yang sangat banyak,generasi yang produktif yang sangat banyak.

Mulai sekarang seharusnya dipersiapkan dengan matang generasi mudanya didik dengan benar agar tetap mempertahankan identitas bangsa ini dan berbudi luhur yang mempunyai akhlak dan moral yang baik.
"Beri aku seribu orang tua maka akan aku cabut semeru, beri aku 10 orang pemuda maka akan aku gonjang pemuda" Ir.Soekarno

Mengutip dari kata-kata mutiara dari sang proklamator bangsa ini yaitu Ir.Soekarno bahwa generasi muda sangat-sangatlah penting bagi bangsa ini salah satu contohnya yaitu presiden ke 3 NKRI yaitu B.J Habibie beliau salah satu seseorang yang jenius dibidang penerbangan dahulu beliau seorang pemuda yang hebat bahkan dunia mengakui beliau. Sekarang ini perjuangan generasi sebelumnya akan dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

Namun sekarang ini generasi muda bangsa ini seolah lupa akan jati diri mereka dan tugas sebagai generasi muda pada sekarang ini banyak sekali generasi muda yang akhlak dan moralnya mulai terkikis. Para orang tua seharusnya menjadi pembimbing,pengawas dan penuntun anak seakan disibukkan oleh sebuah pekerjaan sehingga tak hayal mereka melupakan anak mereka yang menjadi penerusnya. Orang tua juga lingkungan sekitar yang menjadi factor penentu baik buruknya generasi muda bangsa ini kedepannya.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan merosotnya moral dan kahlak generasi muda bangsa ini yaitu
 
Lingkungan Keluarga
Linglungan keluarga adalah benteng pertama dan yang paling utama bagi seorang anak agar terhindar dari hal-hal yang negative dari perkembangan zaman pada saat ini. Namun ketika orang tua terlalu sibuk bekerja sehingga lupa akan kewajiban seorang orang tua untuk anaknya maka sang anak akan kesepian oleh karena itu sang anak akan mencari hal lain sebagai pengganti orang tuanya.Oleh karena itu buat lingkungan keluarga sebaik mungkin dan senyaman mungkin sehingga anak akan betah berada bersama orang tua dan tidak akan melakukan hal negatif .

Lingkungan MasyarakatLingkungan masyarakat juga menentukan gimana generasi muda untuk kedepannya. Jika lingkungan masyarakat baik maka generasi mudanya juga akan baik begitu pula jika lingkungan masyarakat buruk maka generasi mudanya akan buruk. Ini terjadi karena pada saat anak keluar dari rumah itu dengan siapa dia berteman dan seperti apa temannya kalau temannya baik maka dia juga akan baik namun jika

Temannya buruk maka dia lambat laun akan ikut temannya tersebut. Sebagai orang tua berperan untuk mengawasi pergaulan anak dan memantau siapa teman-teman sang anak apakah baik atau buruk kalau temannya buruk sebagai orang tua terus menasehati anak agar berteman dengan teman yang baik dan tidak terpengaruh oleh temannya yang buruk.

Tontonan dan Musik
Tontonan dan music adalah penyebab dari buruknya dan menurunnya moral generasi muda bangsa ini mengapa begitu? Karena sekarang zaman modern anak-anak dengan leluasa mengakses internet yang tanpa batas dan tidak mengenal usia bahkan anak-anak menonton konten-konten yang belum saatnya dia tonton tanpa adanya filter dan pengawasan dari orang yang lebih dewasa.

Tontonan berasal dari televisi iya televise karena sekarang banyak anak-anak yang menonton acara ditelevisi yang bukan great umurnya artinya anak-anak menonton acara ditelevisi yang seharusnya acara tersebut untuk orang dewasa juga pengelompokan acara televise sekarang tidak diurutkan sesuai dengan usia misal kalau pagi hari itu tontonan untuk anak usia 3-9 tahun siang tontonan untuk anak usia 10-14 tahun dll .

Faktor televisi itu yang mungkin sering dijumpai banyak anak-anak yang menirukan adegan-adegan sinetron,film yang bukan umurnya. Pada hal ini peran orang tua sangat penting yaitu mengawsi anak tontonan apa yang dia tonton agar tontonan yang sang anak tonton sesuai dengan umurnya. Musik karena music anak-anak sekarang itu sungguh-sungguh jarang berbeda dengan zaman dulu dimana music anak masih sangat banyak dan dinyanyikan anak-anak ketika bermain bersama-sama.Namun berbeda dengan sekarang sekarang anak-anak malah menyanyikan lagu-lagu dewasa yang mereka belum mengerti artinya.

Diacara ditelevisi zaman dulu masih banyak ditayangkan lagu-lagu untuk anak-anak namun berbeda terbaik sekarang malah justru lagu-lagu dewasa yang sering ditampilkan diacara televisi. Peran orang tua sangat penting bagi mendidik anak mengawasi anak agar menjadi anak yang baik sholeh sholehah yang berbakti pada orang tua juga nusa dan bangsa.

Dengan begitu peran orang tua no 1 dalam mendidik mengembangkan mengawasi generasi muda bangsa ini agar menjadi lebih baik lagi. Untuk itu sebagai orang tua harus mendidik anak sejak lahir dengan agama,dengan agama yang kuat yang dididik sejak lahir kedepannya sang anak akan berbegang teguh pada agama juga terhindar dari hal-hal negative. Awasi pergaulan sang anak agar dia tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak baik. Buat lingkungan keluarga sebagai tempat paling nyaman bagi sang anak, kalau nyaman maka anak akan jauh lebih terbuka pada kita menceritakan dan curhat tentang apa yang dialaminya juga masalah yang dialami.

Jangan pernah membentak ketika anak itu berkata jujur tetapi beri hadiah karena dia berkata jujur setelah itu baru nasehati dengan baik-baik agar sang anak tidak mengulangi kesalahan yang sama.Sebagai orang tua didiklah anak sebaik mungkin dan semaksimal mungkin masa depan anda tergantung ditangan anak anda masa depan Negara ini tergantung pada generasi mudanya. Anak adalah cerminan dari diri anda, anak adalah penerus anda jangan sia-siakan didik anak agar bisa menjadi penerus yang lebih baik demi anda,negara,nusa,dan bangsa. Maju terus generasi muda bangsa Indonesia perjuangan ditangan kalian.




[sumber]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply