» » » Wali Kota Semarang Apresiasi KNPI Gelar Olimpiade Pancasila

Wali Kota Semarang Apresiasi KNPI Gelar Olimpiade Pancasila
Pengurus DPD KNPI Kota Semarang foto bersama dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sebelum pembukaan Olimpiade Pancasila di SMP Negeri 1 Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi, memberikan apresiasi kepada Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang.

Yakni atas kinerjanya dalam mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini ditunjukkan salah satunya dengan menggelar Olimpiade Pancasila.


"Saya berikan apresiasi karena ini sudah langkah kongkrit ya. Jadi tidak hanya menghafal Pancasila, tapi mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, KNPI Kota Semarang melakukan itu," kata Hendi, sapaannya, usai pembukaan Olimpiade Pancasila, Sabtu (24/11/2018).

Implementasi Pancasila yang dimaksud Hendi, terdapat dalam Olimpiade Pancasila 2018 yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Kota Semarang di SMP Negeri 1 Semarang, Jalan Ronggolawe 4 Gisikdrono, Semarang Barat, Kota Semarang dengan berbagai macam lomba yang diikuti oleh peserta dari tingkat SD, SLTP, SLTA dan umum.

"Ada namanya lomba debat bahasa Jawa, ada lagi diskusi tentang Pancasila, ada lagi pencak silat yang merupakan olah raga khas tradisional Indonesia, ada lagi tenis meja. Semua itu merupakan bagian dari implementasi Pancasila," ujarnya.

Hendi menerangkan, dalam Olimpiade tersebut ada berbagai pertandingan yang nantinya menerapkan sikap-sikap sportif, adil, saling tepo seliro, tenggang rasa. Sikap-sikap itulah yang diajarkan dalam Pancasila sebagai dasar negara.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Gurun Risyad Moko. Ia menyatakan apresiasinya terhadap KNPI Kota Semarang.

"Kami (Dinpora Kota Semarang) mendukung ini (Olimpiade Pancasila) untuk yang keempat kalinya. Kegiatan-kegiatan KNPI adalah aplikasi dari implementasi Pancasila dan turut mendukung Kota Semarang menjadi Kota Layak Pemuda," imbuhnya.

Lebih lanjut Gurun menerangkan, Dinpora akan kembali menggandeng KNPI dalam memajukan para pemuda yang ada melalui pengajuan Pemuda Pelopor tingkat nasional.

"Sebentar lagi kita akan minta dukungan dengan bersama KNPI menjadikan pemuda Semarang dalam Pemuda Pelopor. Banyak pemuda pelopor di sini (Semarang,red), nanti kita akan bersama KNPI mengambil yang terbaik untuk maju tingkat nasional," pungkasnya.

Kemajuan para pemuda di bawah KNPI Semarang diakui oleh Ketua DPD KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin, sebagai imbal balik atas dukungan Pemerintah Kota Semarang dalam mendukung kegiatan kepemudaan.

"Kalau hari ini KNPI dikatakan lebih baik dan akan terus bertambah baik untuk menjadi yang terbaik, tentunya tidak lepas dari adanya support yang dilakukan oleh Pemkot Semarang," tegas Awaludin.

Ia mengatakan, adanya Walikota yang mengayomi, mendukung kegiatan kepemudaan yang dilakukan berbagai organisasi kepemudaan yang ada, ditambah dari Dinas Pemuda dan Olahraga juga mudah dalam komunikasi, memudahkan KNPI dalam membentuk pemuda kota Semarang menjadi lebih baik.

Dukungan terhadap Olimpiade Pancasila juga diungkapkan oleh Ketua DPD KNPI Jateng, Tino Indra Wardono, menurutnya, Olimpiade Pancasila memiliki makna lebih dari sekedar prestasi di era millenial.

"Sangat bagus. Adanya kegiatan ini (Olimpiade Pancasila) tidak hanya memupuk prestasi dari sebuah hobi berolahraga maupun berdiskusi, akan tetapi juga mempererat ikatan persaudaraan antar pelajar dengan semangat sportifitas. Momen ini di era millenial memang diperlukan agar para pelajar bisa saling mengenal, akrab, bukan hanya di sosial media," tutupnya. (Nal)



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply