» » » Urgensi Pengembangan Karakter Kartini Muda Masa Kini


Sejak muncul berbagai pegerakan nasional kemerdekaan Indonesia, para pejuang wanita banyak yang mengharap dan menuntut kesetaraan gender.  Telah kita ketahui, salah satu pahlawan wanita yang melopori gerakan ini adalah R. A. Kartini. Dahulu Kartini berjuang mati-matian untuk membela status wanita, sehingga untuk mengenang jasa Kartini tanggal lahir beliau yang bertepatan pada tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

Saat itu Kartini telah berjuang demi kesetaraan status wanita, sehingga kini kita dapat merasakan sekolah,  bekerja,  dan lain-lain,  dimana semua itu dapat kita rasakan karena perjuangan, jerih payah,  dan jasa seorang R. A. Kartini.

Sedangkan pada masa reformasi ini,  saatnya para Kartini muda meneruskan gerak perjuangan Ibu Kartini. Dengan terus ikut andil dalam pembelaan hak-hak wanita, serta turut andil pula dalam membentuk dan menciptakan generasi Kartini muda yang berkarakter.

Mengapa demikian?

Dikarenakan saat ini,  orientasi pendidikan negara Indonesia tidak hanya berfokus dalam bidang kognitif saja.  Demikian,  fokus pendidikan Indonesia saat ini, salah satunya adalah penanaman karakter terhadap generasi muda. 

Menurut salah satu pakar Doni Kusuma, disebutkan bahwa karakter merupakan sebuah gaya,  sifat,  ciri,  maupun karakteristik yang dimiliki seseorang yang berasal dari pembentukan maupun tempaan yang didapatkannya melalui lingkungan yang ada di sekitar.

Maka dari itu,  sangatlah penting untuk memupuk karakter generasi muda sejak kecil,  agar nantinya mereka dapat menjadi generasi yang membanggakan bangsa dan negara Indonesia. Utamanya adalah pada wanita, bukan karena apa melainkan karena wanita mempunyai peran penting sebagai tiang suatu negara, wanita sebagai guru pertama bagi anak-anak muda bangsa,  wanita sebagai pendorong bagi kaum lelaki dalam berbagai suasana,  dan masih banyak lagi.

Atas dasar tersebut,  apabila setiap wanita bangsa Indonesia berkarakter kartini,  maka Indonesia akan menjadi negara besar,  negara yang makmur, dan negara yang maju. 
Sudah saatnya kini muncul kartini muda yang berkarakter, yang dapat membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bermoral Pancasila dan menunjung tinggi nilai kebangsaan.

Sangatlah penting untuk bangsa Indonesia ini,  memupuk dan mengembangkan kartini-kartini muda.  Kartini muda yang berperan sebagai tombak lancip suatu bangsa.
Dengan harapan,  semangat kartini tetap berkobar dalam diri generasi muda Indonesia.

Salah satu cara untuk merealisasikan hal diatas yaitu dengan adanya peringatan Hari Kartini setiap tahunnya.  Karena setiap tahunnya dapat dipastikan bahwa para pemuda akan me-refresh kembali ingatan mereka mengenai perjuangan seorang Kartini dalam membela hak-hak wanita Indonesia pada masa kolonial.  Dari hal tersebut,  maka mereka akan tersadar akan pentingnya meneruskan perjuangan besar R. A. Kartini kala itu.



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply