» » » Bagaimana Seharusnya Mahasiswa? (Bagian 4)


3. Mahasiswa harus mengembangkan potensinya, open mind dan mencari teman sebanyak-banyaknya, dan mengabdi kepada masyarakat.


A. Mahasiswa Harus Mengembangkan Potensinya

Setelah mendapatkan hal-hal diharuskan tadi , tidak bisa dipungkiri, mahasiswa mempunyai bakat, minat dan hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka menulis, melakukan kajian, fotografi, film, musik, seni, olahraga, mencitai alam, dan seterusnya. Mahasiswa tidak harus sama dengan teman-temanya. Karena temannya menekuni musik, dia juga memaksakan diri menjadi musisi. Tidak harus. Mahasiswa harus membaca potensi dirinya, lalu kemudian diwujudkan dengan fokus pada pengembangan minat itu saja.

Bruce lee mengatakan:

“Saya tidak takut pada orang yang telah berlatih seribu macam tendangan, tapi saya takut pada orang yang melatih satu macam tendangan sebanyak seribu kali”


b. Mahasiswa Harus Open Mind

Open mind artinya berfikir terbuka, dengan berfikir terbuka kita dapat bergaul kepada siapapun dan pada orang yang macam-macam modelnya. Mahasiswa perlu menyadari, dalam kehidupan, kebenaran hari ini bisa menjadi kesalahan di kemudian hari. Tidak ada kebenaran yang hakiki kecuali dalam kitab-kitab Ajaran Allah SWT. Dengan bergaul dengan banyak orang kita bisa belajar banyak.


c. Mahasiswa Harus Mencari Teman Sebanyak-banyaknya

Bergaul dengan banyak orang, bisa membuat kita memperoleh teman yang banyak. Punya banyak teman akan membuat kita dapat memperoleh banyak hal dari teman kita, prinsip-prinsip Brotherhood bisa didapatkan dalam kasus ini. Akan banyak keuntungan ketika mempunyai banyak teman, contoh paling kecil adalah anda adalah mahasiswa asal Makassar, anda ingin sekali pergi ke Lombok, naik gunung rinjani atau sekedar berwisata di Gili Trawangan dan pantai. Anda cukup menghubungi teman anda yang dari Lombok. Begitupun untuk kasus lainnya.


d. Mahasiswa Harus Mengabdi kepada Masyarakat

Sebagai salah satu amanat Tri Darma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian, pengabdian masyarakat harus juga menjadi bagian dari keseharian mahasiswa. Lakukanlah bentuk-bentuk pengabdian masyarakat sesuai dengan kapasitas keilmuan dan kemampuan kita.




sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply