» » » Tips Meningkatkan Kemampuan Leadership


Barangkali hal yang membebani pikiran seorang pemimpin, terlebih seseorang yang baru ditunjuk sebagai pimpinan, adalah mengetahui bahwa ia memiliki peranan penting terhadap keberhasilan tim yang dipimpinnya. Dalam upayanya memimpin tim sehingga mendapatkan kesuksesan mencapai goal yang ditargetkan, seorang pimpinan tentu saja harus dapat menginspirasi dan memotivasi tim. Oleh sebab itu, adalah penting bagi setiap pimpinan untuk meningkatkan skill kepemimpinannya.

Sebagai seorang pemimpin, mampu menciptakan atmosfir positif dalam lingkungan kerja tidak hanya akan berdampak baik terhadap hasil atau capaian tim, tetapi lebih dari itu juga membentuk karakter kepemimpinan yang baik dalam dirinya. Untuk itu, dalam tulisan ini akan sedikit diulas beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan leadership.


Komunikasi yang Baik

Salah satu kunci pertama yang perlu dimiliki seorang pemimpin adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Sebab komunikasi yang jelas sangat menentukan relasi antara pimpinan dan tim yang dipimpinnya, Baca: Building Powerful And Effective Team. Jika pimpinan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sudah barang tentu tim akan mendapatkan kesulitan dalam menangkap instruksi yang bahkan dapat berakibat fatal terhadap kinerja tim secara keseluruhan.
Selain itu, pemimpin yang baik juga seorang yang berkenan meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain (Baca: Designing Effective Internal Communications). Seorang pemimpin yang baik secara penuh menyadari akan pentingnya mendengarkan orang lain  (tim) secara seksama. Tim atau karyawan umumnya akan memberikan penilaian yang baik kepada orang atau atasan yang dipercayainya, berkepribadian baik dan mau mendengarkan bawahannya.


Memiliki Visi

Pemimpin yang baik juga merupakan seseorang yang memiliki visi dan plan ke depan, maka dari itu penting untuk menunjukkan bahwa kita memang sosok pemimpin dengan visi masa depan. Sebab pimpinan yang demikian lebih mudah untuk diikuti daripada seseorang tanpa visi berkemajuan. Ketika seorang pemimpin mampu menawarkan visi dan rencana perbaikan sudah barang tentu tim akan dengan senang hati ambil bagian serta bekerja dengan maksimal untuk mewujudkan goal yang ditargetkan, Baca: Analytical Creative Thinking. Hal tersebut tidak hanya dapat memotivasi tim, melainkan juga mempersolid tim. Dapat anda bayangkan seperti apa situasi ketika dipimpin oleh seseorang yang sama sekali tidak memiliki plan dan visi ke depan?


Menjadi sosok Inspiratif

Tim tentu membutuhkan sosok inspiratif yang dapat memompa semangat mereka, oleh karena itu seorang pemimpin harus dapat memberikan contoh serta menularkan passion yang dimilikinya. Apabila seorang pemimpin memiliki keyakinan dan percaya terhadap kemampuan tim, ketika tim menghadapi masalah yang menjadi sandungan, maka tim pun akan melakukan hal yang sama yaitu percaya akan kemampuannya untuk dapat melalui rintangan tersebut.


Mengenal Diri Sendiri

Untuk meraih kesuksesan, seseorang terlebih dahulu harus menerima dan menyadari dirinya sendiri. Sukses dimulai dari dalam diri. Pada saat kita memiliki kesadaran dan penerimaan terhadap diri kita, apa yang menjadi tujuan kita, hal itu akan menstimulasi kita untuk bertindak secara maksimal sebab kita menerima dan sadar terhadap kelemahan yang kita miliki. Karena itu, kita kemudian terstimulasi untuk bekerja dengan lebih baik untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Semakin seseorang sadar terhadap dirinya, maka semakin bisa pula ia menjadi seperti “apa yang sebenarnya bisa ia raih.”


Kesemua hal yang sudah disebutkan diatas merupakan tips yang bermanfaat bagi kita, khususnya bagi seseorang yang baru menjabat sebagai pimpinan, untuk meningkatkan kemampuan leadership yang kita miliki. Apabila kesemua hal tersebut dapat kita asah dengan baik, maka (hampir) dapat dipastikan kita akan memiliki karir yang baik dalam organisasi/perusahaan manapun. Bagaimana cara agar kita memiliki kesemua hal tersebut? Sudah pasti jawabannya adalah dengan kerja keras.



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply