» » » Pemimpin dan Tanggung Jawab

Ilustrasi: dictio.id

Dalam sebuah perkumpulan tidak akan terlepas dari sosok seorang leaders, mulai dari perkumpulan sederhana sampai oranganisasi besar peran pemimpin sangat vital. Maju mundurnya sebah organisasi sangat tergantung dari seroang leaders. Pemimpin adalah sosok yang sangat berperan dalam menahkodai sebuah organisasi.

Tetapi sehabat apapun kepemimpinan seseorang tanpa didukung dengan managemen tim yang bagus itupun akan percuma, jadi kesolidan sebuah organisasi juga sangat penting agar oranganisasi itu bisa terus melaju sesuai dengan cita-citanya. pemimpin mempunyai tanggung jawab memastikan setiap anggotanya bekerja dengan baik, pemimpin juga harus memastikan program-program kerja berjalan.

Selain itu seorang pemimpin juga harus mempunyai kepekaan sosial yang tinggi, pemimpin tidak bisa bertindak semena-mena menyuruh ini itu, tanpa melihat kondisi lapangan atau anggota. Pemimpin harus tegas tetapi juga harus bijak dalam mengambil setiap keputusan.

Pemimpin yang tidak kreatif adalah pemimpin yang gagal, karena seharusnya pemimpin harus memunculkan inovasi-inovasi dalam setiap gagasannya, memunculkan hal-hal baru dengan gagasan-gagasan yang sepektakuler, beda dengan yang lainnya.

Pemimpin bukan mereka yang hanya menerima mandat lalu menjalankan tugas kalau seperti ini bukan pemimpin tetapi PLT. Pemimpin harus punya program dan harus berani mengambil setiap keputusan.

Pemimpin juga harus bisa menyemai kekompakan, memelihara loyalitas setiap anggota, memastikan anggota loyal padanya. bukan berarti ia seorang yang otoriter, tetapi memang setiap anggota harus berada dalam jalur visi misi seorang pemimpin kalau tidak, maka akan menjadi benalu bagi kepemimpinannya.

Bukan pemimpin bila ia lari dari tanggung jawab, maka pemimpin yang baik ia harus bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang menjadi programnya.

Pemimpin yang baik, bukanlah ia yang selalu merasa paling benar, tetapi pemimpin yang baik adalah orang yang selalu menerima masukan dari anggota-anggota mempertimbangannya dan mengambil keputusan dengan musyawarah.

Selain itu seorang pemimpin ialah motivator, pemimpin harus mampu memberi motivasi kepada anggota-anggotanya, agar mereka menjalankan tugas-tugasnya dengan penuh semangat dan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

Dan pemimpin yang baik itu ia yang tidak segan memberi pujian penghargaan kepada anggotanya.



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply