» » » Negeri Kita, Tanggungjawab Kita


Indonesia merupakan sebuah negara dengan jajaran kepulauan yang membentang dari Sabang di barat sampai Merauke di timur. Negeri yang mempunyai potensi sangat luar biasa baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bahan galian terbesar di dunia dan merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia.  Namun, dewasa ini semua potensi itu belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya demi kesejahteraan masyarakat. Masih terdapat banyak polemik baik itu di pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun di lingkungan masyarakat.

Sebuah gebrakan harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini demi mewujudkan sila kelima dalam Pancasila. Setiap elemen di negeri ini mempunyai kewajiban untuk melakukan hal ini sesuai dengan porsinya masing-masing. Salah satu elemen yang berkewajiban menyelesaikan masalah tersebut yaitu mahasiswa. Pada tri dharma Perguruan tinggi terdapat sebuah poin yang berhubungan dengan lingkungan masyarakat yaitu Pengabdian masyarakat.

Pengabdian di sini merupakan sebuah sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan keprofesiaanya demi menyelesaikan sebuah permasalahan di masyarakat. Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi yang melakukan poin ketiga pada tri dharma perguruan tinggi tersebut, salah satunya dengan KKN Tematik.

KKN Tematik merupakan sarana untuk mengetahui bagaimana permasalahan di lingkungan masyarakat dan mencari cara untuk menyelesaikannya serta sarana untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dimiliki selama ini. Semoga program ini dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat, mahasiswa maupun Indonesia seutuhnya serta dapat menginspirasi mahasiswa-mahasiwa untuk lebih peduli lagi terhadap bangsa ini.

Wahai jiwa-jiwa yang ada di negeri ini, jangan kalian hanya diam saja melihat permasalahan dan polemik yang ada, sebab permasalahan itu tidak akan selesai dengan sendirinya. Permasalahan itu tidak akan selesai ketika individu-individu di dalamnya tidak menyelesaikan bersama-bersama.

Jayalah negeriku, makmur rakyatnya !!!



sumber

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply