» » » Tips Membagi Waktu Kuliah dan Beroganisasi (Bag. 4-Habis)

Gambar: auliaoon90.wordpress.com

Bingung menentukan antara kuliah atau berorganisaasi? Dua-duanya bisa kamu jalani dengan sukses, kok. Mahasiswa yang berkualitas ialah mahasiswa yang bisa menjalankan soft skill dan hard skill secara seimbang. Pastinya kamu ingin menjadi mahasiswa yang berkualitas, bukan?

Agar kamu sukses dalam menjadi mahasiswa yang berkualitas, yaitu mahasiswa yang bisa ‘membagi waktu kuliah dan beroganisasi’, yuk simak lanjutan tips berikut ini.


Totalitas Diri

Apakah kamu sudah pernah mengeluarkan semua kemampuan terbaik yang kamu miliki tanpa suatu beban hingga mencapai sebuah titik terakhir, atau yang biasa disebut sebagai totalitas diri?

Dalam kuliah maupun organisasi, kamu harus memiliki totalitas diri yang baik. Jika kamu di organisasi, pada saat itu juga totalitaskan diri kamu di organisasi. Begitu juga dengan kuliah. Pandai-pandailah memposisikan totalitas diri kamu pada suatu organisasi. Jika kamu berada di organisai tersebut, totalitaskan diri kamu pada kegiatan tersebut. Sebaliknya, saat kuliah totalitas dan fokuskan diri kamu pada mata kuliah yang kamu pelajari.

Dengan memiliki sikap totalitas diri, kamu bisa menarik perhatian orang lain dengan kepribadian kamu yang total. Totalitas kamu akan dihargai sebagai kerja keras yang belum tentu dimiliki orang lain. Setiap totalitas diri yang keluarkan pasti menghadirkan kesuksesan. Kesuksesan bukan hanya terlihat saat ini. Tapi juga bisa dinilai di masa mendatang.

Terkadang dalam menjalani aktivitas kuliah maupun organisasi kamu akan merasa jenuh. Hingga muncullah keraguan yang akan menjadi beban kamu. Tanpa totalitas diri yang baik, mustahil usaha yang kita lakukan akan optimal. Tanpa mencoba kita tidak akan pernah tahu hasilnya. Berpikir atau memprediksi sebelum melakukan sesuatu itu boleh, namun jika tidak segera dilakukan maka kegalauan akan semakin besar dalam diri kamu.

Yang dibutuhkan di awal totalitas diri adalah keyakinan dan keberanian kamu dalam mencoba. Kemudian, dalam mencoba melakukan sesuatu apapun dalam aktivitas kehidupanmu, belajarlah untuk melepaskan semua kemampuan terbaik kamu. Kerahkan semua Totalitas diri kamu. Kemudian, perhatikan serta rasakan bahwa semakin sering kamu  mengeluarkan totalitas diri kamu semakin cepat pula kamu akan berkembang.


Sesuaikan Organisasi dengan Jumlah SKS yang Kamu Ambil

Sah-sah saja jika kamu mengikuti organisasi lebih dari satu. Namun, yang perlu kamu perhatikan ialah kamu harus bisa menyesuaikan jumalh SKS yang kamu ambil dengan organisasi yang kamu ikuti. Jangan sampai terjadi kamu, mengambil 24 SKS, sedangkan kamu dalam posisi mengikuti 5 organisasi. Efeknya bisa fatal nantinya. Bisa jadi kuliah kamu akan terbengkalai. Mengikuti organisasi sebaiknya diproporsikan dengan jadwal kuliah kamu.

Selain itu, pemilihan jumlah SKS yang tidak tepat bisa berdampak pada kesehatan kamu juga, loh. Misalkan kondisi kesehatan kamu kurang bagus ditambah dengan aktivitas yang super padat. Kamu ngotot untuk ambil 24 SKS dan semua itu mata kuliah utama.  Mungkin di awal kuliah belum terasa. Tapi, permasalahan-permasalah lain yang akan terjadi tidak ada yang tahu. Fisik kamu tidak memungkinkan untuk menghandle semua mata kuliah itu, akhirnya malah jadi sakit hingga kamu tidak bisa mengikuti kegitan perkuliahan selama beberapa minggu. Parahnya nilai malah jadi jeblok. Tapi, yakinlah bahwa kamu memilih mata kuliah itu karena telah dipikir matang-matang dan menyesuaikan dengan kondisi kesibukan dan kegiatan diri. Agar nantinya tidak  menyiksa diri sendiri, sehingga kamu bisa menjalani perkuliahan tersebut dengan enjoy.

Pertimbangkan kondisi kesehatan kamu dengan jumlah sks yang kamu ambil. Jika kamu aktif di organisasi dan beberapa momen kepanitiaan, di saat bersamaan kamu dapat kesempatan untuk mengambil 24 SKS, tapi karena kamu memiliki aktivitas yang padat lebih baik kamu mengambil 21 SKS. Ada baiknya kamu mengambil mata kuliah komunikasi massa yang merupakan mata kuliah prasyarat, maka ambilah dulu di semester mata kuliah tersebut hingga kamu bisa tenang karena sudah menjalani salah mata kuliah prasyarat. 

Idealnya, seorang mahasiswa mengambil maksimal 2 organisasi agar antara kuliah dan organisasi bisa berjalan seimbang. 2 organisasi merupakan standart maksimal jika kamu ingin sukses dalam dua-duanya. Semakin banyak organisasi yang kamu ikuti, akan semakin banyak pula waktu kamu yang semakin tersita. Bijak dalam menentuka pilihan organisasi akan berimbas pada masa depanmu. So, tetap bijak ya, sobat!


Jeli

Begitu kamu memasuki dunia kampus, kamu akan menemui beragam organisasi.  Pahami tujuan, visi dan misi, kalau perlu survey terlebih  dahulu pada senior sebelum masuk kesebuah organisasi. Organisasilah yang kelak akan membuat kamu lebih tangguh. Pilihlah organisasi yang membuat kamu nyaman dan bisa membawa perubahan yang lebih baik pada dirimu. Jeli dalam memilih organisasi, bukan berarti kamu harus memilih organisasi yang terlihat keren. Organisasi bukanlah ajang tentang keren ataupun beken, melainkan mengenai pengembangan diri kamu.

Pilih organisasi yang membuat kamu nyaman dan bisa mengembangkan potensi kamu. Sebagai contoh: Bakat kamu adalah menulis. Hal tepat yang harus kamu lakukan ialah dengan mengikuti organisasi yang bisa menunjang bakat menulismu. Seperti, Organisasi Pers Kampus, Jurnalistik dan organisasi menulis lainnya. Jika sudah begitu, ada 2 keuntungan yang bisa kamu peroleh. Pertama, kamu bisa enjoy berada di dalam organisasi tersebut karena bisa menuangkan ide-ide briliant kamu. Kedua, kamu bisa mendapatkan akses link yang cukup besar, misalkan bisa berkenalan dengan salah satu penerbit atau penulis. Siapa tahu kumpulan tulisan kamu bisa menjadi sebuah buku. 

Sekarang pilih mana, kuliah atau organisasi, sobat ? Atau mau dua-duanya? Semua keputusan ada di tangan kamu. Selektif dan bijaklah dalam menentukan pilihan akan organisasi yang kamu ikuti. Sekali lagi, manajemen waktu yang baik akan mendorong kamu menjadi pribadi yang berkualitas. Tidak peduli, sesibuk apapun dan jabatan apa yang kamu pegang saat ini. Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, maka kamu akan sukses.

Oke, selamat menjadi mahasiswa yang berkualitas, sobat! Salam sukses!





[berkuliah.com]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply