» » » Tips Membagi Waktu Kuliah dan Beroganisasi (Bag. 3)

Sumber Gambar

Bingung menentukan antara kuliah atau berorganisaasi? Dua-duanya bisa kamu jalani dengan sukses, kok. Mahasiswa yang berkualitas ialah mahasiswa yang bisa menjalankan soft skill dan hard skill secara seimbang. Pastinya kamu ingin menjadi mahasiswa yang berkualitas, bukan?

Agar kamu sukses dalam menjadi mahasiswa yang berkualitas, yaitu mahasiswa yang bisa ‘membagi waktu kuliah dan beroganisasi’, yuk simak lanjutan tips berikut ini.


Komunikasi Efektif

Komunikasi yang baik adalah kunci kesuksesan kamu menangani masalah antara kuliah atau organisasi. Jika kamu ingin menyampaikan sesuatu yang mendesak, tapi tidak mampu mengkomunikasikannya dengan baik, maka kamu akan gagal sebagi pribadi yang baik di mata orang lain. Sebagai contoh, besok adalah hari ujian tengah semester. Pada jam sama, organisasi yang kamu ikuti menuntut kamu wajib hadir pada agenda rapat yang sangat penting. Nah, di sinilah pentingnya kamu berkomunikasi. 

Kamu harus memilih kuliah pastinya. Tidak hadir pada saat rapat bisa kamu ijin karena kuliah. Namun, berhalangan tidak hadir pada saat kuliah karena ada kegiatan organisasi, bukan merupakan pilihan yang bijak ya, sobat.


Jangan menunda Pekerjaan 

Kebiasaan yang menyenangkan bagi kamu, membuat kamu menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan saat ini. Apalagi jika sudah mendekati deadline. Jangan pernah salahkan siapapun jika tugas yang kamu kerjaan menjadi terbengkalai. Kebiasaaan mahasiswa, suka mengerjakan tugas pada saat menjelang deadline. Ini merupakan suatu kebiasaan yang buruk bagi pribadi kamu. Efeknya mungkin tidak akan tersasa pada saat ini, melainkan pada masa depan kamu. 

Tidak menunda pekerjaan merupakan salah satu cermin disipin pribadi kamu. Jika saat ini kamu sedang menyelesaikan program skripsi kamu, jangan pernah menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Mahasiswa yang cepat selesai kuliah, belum tentu mahasiswa tersebut cerda. Melainkan mahasiswa tersebut rajin dalam hal apapun. Baik bimbingan maupun belajarnya. Jangan sampai kamu yang memiliki potensi besar kalah dengan mahasiswa yang biasa-biasa saja hanya karena kamu suka menunda-nunda pekerjaan. 

Jika kamu sudah terjun ke dalam suatu komunitas masyarakat, lalu kamu diberi amanah untuk menjalankan suatu kepemimpinan jangan pernah menunda pekerjaan. Karena kelak kamu akan menjadi public figure yang akan  dinilai banyak orang. Segala pekerjaan kamu akan menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya.


Berikan Batasan Waktu 

Akan ada saatnya di mana kamu menjalani sebagai mahasiwsa tingkat akhir. Inilah saatnya kamu harus mengorbankan organisasi yang kamu ikuti. Jika kamu ingin lulus tepat waktu dan membuat orang tuamu bangga, pada tingkat akhir ini kamu fokus pada skripsi yang akan kamu selesaikan. Setiap kesuksesan pasti butuh pengorbanan. Pengorbanan organisasi inilah yang harus kamu lakukan. 

Apalah gunanya suatu organisasi jika kamu tak juga lulus hingga semester kesebelasan (hehe, memangnya sepak bola). Maksudnya di sini ialah jika kamu lebih mengutamakan organisasi dibanding kuliah, bisa jadi kamu menempuh semester dalam jangka 6-7 tahun. Ih, serem. Dalam masa 4 tahun kuliah, jika kamu bisa mengambil penuh 24 SKS setiap semesternya selama 6 semester kamu sudah bisa selesai. Artinya, kamu bisa menyiasatinya agar organisasi kamu bisa menunjang kuliah kamu dengan mengambil 24 SKS setiap semesternya. 

Membatasi waktu kamu pada organisasi akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih bijak. Yang perlu diingat, batasan waktu di sini gunakan dengan seefektif mungkin. Jangan sampai batasan waktu yang kamu buat justru merugikan kamu sendiri. Sebagai contoh: Kamu sudah dengan rela mengurangi organisasi yang kamu ikuti. Di saat waktu luang yang harusnya kamu gunakan untuk organisasi, tidak kamu manfaatkan untuk menyusun skripsi melainkan untuk jalan-jalan. Dalam hal ini kamu sudah membuang waktu yang seharusnya kamu gunakan seefektif mungkin.   


... bersambung ...




[berkuliah.com]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply