» » » Integritas Pemuda Sebagai Modal Penting Kemajuan Bangsa (Integritas, Harga Mati Kemakmuran Bangsa)

Ilustrasi: UNJKita

Pada zaman pemerintah sekarang, banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. Salah satunya adalah korupsi, korupsi telah merajalela di semua sektor pemerintahan. Tidak memandang apakah dia menteri, anggota dewan terhormat, gubernur, bupati, bahkan institusi kepolisian atau kejaksaan juga terkena virus korupsi. Dengan keadaan yang seperti ini, kapankan Indonesia akan maju? Dan bagaimana bangsa ini dapat menunjukkan taringnya? Padahal, kemajuan atau kemunduran suatu bangsa banyak ditentukan oleh seberapa besar integritas yang dimiliki oleh para pemimpinnya.

Integritas sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Integritas pun sering diidentikkan dengan kejujuran.Dengan demikian, di dalam integritas terhimpun berbagai sifat pendukung yang bisa membuat orang menjadi berwibawa, jujur, dan konsisten terhadap kebenaran. Ditengah fakta yang terjadi di negara kita ini, membangun integritas adalah sebuah keharusan. Dan pemuda sebagai bagian terpenting dari arah perbaikan bangsa memiliki urgensinya tersendiri untuk menanamkan sikap integritas pada dirinya.

Lalu, Bagaimanakah cara menumbuhkan sikap integritas dalam diri para pemuda? Jawabannya sederhana, yaitu dimulai dengan kejujuran. Kejujuran adalah modal dasar dalam membangun integritas seseorang. Kejujuran bermakna memberitahu kebenaran kepada orang lain, sedangkan integritas memberitahu kebenaran kepada diri sendiri. Integritas penting untuk menyelaraskan antara ucapan dan perbuatan karena ketidaksesuaian dalam dua hal tersebut akan mengakibatkan tergerusnya integritas seseorang.

Dengan terbangunnya integritas pada diri setiap pemuda maka terbentuknya integritas nasional adalah sebuah keniscayaan. Integritas nasional yang berarti sebuah wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara. Dengan integritas nasional inilah dan didukung dengan semangat persatuan yang tinggi, Indonesia akan menjadi negara maju dan  sejajar dengan negara-negara lain di dunia. Maka akhirnya, bagi pemuda masa depan Indonesia, integritas adalah sebuah harga mati.



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply