» » » Pentingnya Manajemen Organisasi dalam Kesuksesan Berkelompok


Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan dan target yang sama, untuk bekerja mencapai suatu tujuan mereka secara bersama-sama. Sedangkan manajemen adalah kegiatan pokok dengan adanya pengendalian dan perencanaan untuk mencapai target tertentu. Manajemen ada banyak jenisnya, seperti manajemen waktu, manajemen bisnis, dan lain sebagainya.

Jadi jika keduanya digabungkan manajemen organisasi adalah suatu kegiatan pokok yang dilakukan dengan proses perencanaan dan pengendalian oleh beberapa atau sekumpulan orang demi mencapai tujuan dan target tertentu.

Manajemen organisasi memiliki banyak fungsi diantaranya, perencanaan yang digunakan untuk menentukan langkah apa yang harus diambil seperti menetapkan sasaran kegiatan organisasi, bagaimana target tersebut terpenuhi, strategi apa yang harus dipakai dan mengembangkan kegiatan-kegiatan tersebut.

Pengorganisasian dengan cara membagi tugas kepada seluruh anggota agar terkoordinir dengan baik sesuai target kegiatan. Memimpin adalah fungsi manajemen organisasi yang utama dimana sebuah organisasi dan pelaksanaan kegiatan akan berjalan lancar jika pemimpinnya mempunyai sikap yang bijaksana dan dapat memotivasi anggota-anggotanya.

Dan yang terakhir adalah pengendalian, dimana proses ini mengukur tingkat kinerja dalam struktur organisasi tersebut, mengevalusi kegiatan yang telah selesai dilaksanakan dan membandingkan antara hasil dan rencana awal yang telah dibuat.

Proses manajemen organisasi ini adalah proses lanjutan dari penentuan visi dan misi kegiatan. Penerapannya dalam rangka pelaksanaan strategi biasanya dilakukan dalam beberapa kepentingan seperti, kepentingan terkait operasional suatu organisasi.

Manajemen sumber daya organisasi sangat diperlukan untuk melakukan perencanaan berhubungan dengan tingkat sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam suatu kegaiatan. Dan manajemen keuangan, dalam setiap organisasi diperlukan pengelolaan terhadap keuangan yang meliputi perencaan anggaran dan memastikan kegiatan yang akan dilakukan tidak melebihi perencanaan anggaran yang telah ditentukan.

Jadi jika disimpulkan hubungan antara manajemen dengan organisasi adalah suatu proses dan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dari target yang telah ditentukan dan untuk mencapai target tersebut dibutuhkan  adanya suatu pengorganisasian dan suatu tata kerja untuk mengatur jalannya organisasi dengan baik agar mendapatkan tujuan yang maksimal.



[satujam.com]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply