» » » Kemerdekaan Indonesia di Era Digital


Bulan Agustus memang menjadi bulan yang spesial bagi bangsa Indonesia. 72 tahun yang lalu para pejuang Indonesia dari berbagai daerah akhirnya berhasil menaklukan para penjajah dan akhirnya menghasilkan kemerdekaan bagi bangsa kita tercinta ini. Berbagai kisah heroik tentang bagaimana pejuang kita memukul mundur para penjajah ini pasti sudah sering kita dengar bahkan sejak duduk di bangku SD. Sebagai generasi penerus bangsa sudah merupakan kewajiban kita untuk menghargai jasa para pahlawan ini dengan melanjutkan perjuangan mereka di era sekarang. Bentuk dari perjuangan generasi kita memang sudah tidak lagi dalam bentuk peperangan senjata, tetapi ternyata perjuangan kita sama sulitnya loh dengan perang jaman dulu, bahkan lebih sulit, karena kita berperang dengan diri kita sendiri.

Konon saat ini mulai dikenal dengan Generasi Y, itulah kita, anak muda. Generasi yang katanya memiliki rasa ingin tahu yang besar serta hobi untuk mencoba segala sesuatu. Sifat bawaan ini kemudian tanpa sadar membawa kita kedalam suatu tren baru di Indonesia, yaitu tren digital. Tren digital ini sendiri kemudian seperti biasanya menuai pro dan kontra dari masyarakat, tetapi tidak serta merta menurunkan semangat generasi muda Indonesia. Cara kerja, kreativitas, pola pikir, visi dan misi para anak muda ini yang semula hanya dikubur dalam-dalam demi mendapatkan posisi tertentu di sebuah perusahaan bergengsi yang telah lama berdiri, kini perlahan mulai muncul dan bangkit.

Start-up! Ya, perusahaan start-up yang sekarang sedang banyak di gandrungi oleh anak muda merupakan salah satu bukti bahwa anak muda Indonesia kini telah bangkit dan menjadi vokal dalam menyatakan pendapatnya. Keberadaan para anak muda dengan start-up nya ini nyatanya juga disambut baik oleh masyarakat, sebut saja Gojekdi bidang transportasi, IWAK di bidang investasi bisnis lele tradisional, bucketlist yang memfasilitasi kemudahan bagi kalian yang ingin melakukan suatu kegiatan hiburan yang tidak biasa, hingga Mamorae dalam bidang marketing online bagi pelaku bisnis maupun pengguna media sosial.

Perjuangan para pelaku start-up ini sepatutnya kita apresiasi karena kebanyakan dari mereka ingin membuat sesuatu yang dapat mempermudah hajat hidup banyak orang. Sehingga inilah bentuk perjuangan serta kemerdekaan yang sedang berusaha diraih oleh para pemuda di era digital. Jangan pernah takut untuk melakukan sesuatu yang kamu anggap benar, jika kamu tidak bisa memberikan kemerdekaan bagi orang lain atau bangsamu maka mulailah memerdekakan dirimu sendiri, dan percayalah suatu hari semua akan berubah menjadi lebih baik.

Selamat hari kemerdekaan ke 72 tahun, Indonesiaku. Kami, anak muda berjanji untuk selalu meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan membuat Indonesia yang lebih maju di berbagai sektor terutama digital dan terus berinovasi tanpa henti umtuk menjadi yang terbaik.



[mamo.id]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply