» » » Kualitas Pemimpin Hebat (Bagian 2)

Gambar: ashford.edu
Pemuda saat ini adalah pemimpin di masa depan. Kemampuan leadership atau kepemimpinan harus diasah mulai sekarang, sehingga pada saatnya nanti, pemuda sudah memiliki kualitas yang diperlukan sebagai seorang pemimpin. Nah, kualitas apa saja yang menjadi ciri-ciri seorang pemimpin hebat? Mari kita lanjutkan bahasan sebelumnya mengenai kualitas pemimpin.


8. Sabar

Kesabaran adalah keberanian untuk menguji komitmen terhadap tujuan. Jalan menuju hal-hal besar selalu sulit, tapi pemimpin terbaik mengerti kapan harus meninggalkan penyebabnya dan kapan harus tetap berada di jalan yang sama.


9. Tabah

Sikap pantang menyerah merupakan hal mutlak yang dibutuhkan dari seorang pemimpin. Bahkan ketika situasi tidak mendukung, hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima terlebih dahulu, tidak panik atau bereaksi secara emosional dan memperparah keadaan. Antisipasi yang matang diperlukan dengan mempertimbangkan skenario terburuk dan berusaha membalikkan keadaan menjadi hal yang menguntungkan.


10. Berpikiran Terbuka

Meskipun memiliki visi yang jelas, pemimpin perlu tetap berpikiran terbuka dan bersikap fleksibel dalam saat-saat tertentu. Ada kalanya ide-ide dari orang lain dapat menjadi penyelesaian maupun perencanaan yang lebih baik terhadap kondisi saat itu.


11. Tegas

Pemimpin diharapkan dapat bertindak dengan tegas, terutama bila situasi sudah di ujung tanduk. Sikap pemimpin yang ragu-ragu menyebabkan anggota tim tidak percaya akan kemampuannya memecahkan persoalan.


12. Berkepribadian

Fokuslah pada hubungan yang sesungguhnya dengan semua orang, dan terus berupaya untuk membantu mereka, dibandingkan hanya memikirkan apa yang dapat mereka lakukan. Sebetulnya, menjadi pemimpin hebat tidaklah diperlukan, melainkan jadilah pemimpin terhormat.


13. Memberdayakan

Dalam dunia olahraga, khususnya permainan tim, tim yang sukses bukanlah tim yang memiliki banyak individu berbakat, tetapi justru tim yang sanggup bekerja sama dan mengombinasikan keterampilan, kekuatan, dan kepercayaan bersama dengan yang tepat. Pemimpin juga perlu mendelegasikan tugas untuk anggotanya. Sebenarnya ini bisa lebih sulit daripada menyelesaikan suatu tugas sendirian, tetapi dengan kejelian dan dukungan yang tepat, pemimpin akan menemukan kemampuan anggotanya dan mendapatkan hasil maksimal dari mereka




(Bersambung)



Sumber: entrepreneur.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply