» » » Kualitas Pemimpin Hebat (Bagian 1)

Pemuda saat ini adalah pemimpin di masa depan. Kemampuan leadership atau kepemimpinan harus diasah mulai sekarang, sehingga pada saatnya nanti, pemuda sudah memiliki kualitas yang diperlukan sebagai seorang pemimpin. Nah, kualitas apa saja yang menjadi ciri-ciri seorang pemimpin hebat?


1. Fokus

Pemimpin yang baik tidak cukup hanya menguasai hal-hal kecil. Pemimpin harus bisa memfokuskan diri terhadap suatu masalah, dengan mengembangkan kemampuan menyeleksi masalah yang itu memang memiliki pengaruh signifikan. Kadangkala, pemimpin harus membuat keputusan yang penting, meskipun kurang disukai.


2. Percaya Diri

Seorang pemimpin dituntut memiliki kepercayaan diri dengan memiliki visi yang jelas, menunjukkan empati, dan menjadi pendamping yang kuat bagi yang dipimpinnya.


3. Jujur

Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang dipimpinnya, seorang pemimpin harus jujur akan dirinya apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dapat meningkatkan konsistensi sehingga menimbulkan perasaan nyaman pada anggotanya.


4. Berintegritas

"Anak buah" adalah cerminan dari pemimpinnya. Jika pemimpin berintegritas, maka akan baik pula seluruh organisasi tersebut.


5. Menginspirasi

Kekuatan inspirasi dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik. Seorang pemimpin yang baik akan dapat memberikan inspirasi bagi orang yang dipimpinnya agar memiliki motivasi dan semangat dalam melakukan tanggung jawab masing-masing.


6. Penuh Semangat

Bagaimana mungkin suatu tim diharapkan bekerja dengan baik tanpa ada semangat di dalamnya? Semangat timbul dengan mencintai apa yang kita kerjakan. Jika sang pemimpin sendiri tidak mencintai pekerjaannya, bagaimana anggota tim yang lain dapat memiliki semangat dalam bekerja?


7. Inovatif

Dalam bidang apa pun dengan sumber daya terbatas dan perluasan populasi yang tak terbatas, inovasi sangat penting tidak hanya untuk kesuksesan tetapi juga kelangsungan hidup. Para inovator adalah pemimpin, dan keduanya tak dapat dipisahkan. Inovasi adalah satu-satunya harapan untuk menyelesaikan tantangan.



(Bersambung)



Sumber: entrepreneur.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply