» » » Hadapi Tantangan Global, Mahasiswa Dituntut Peka Perkembangan Informasi

Menghadapi tantangan globalisasi, mahasiswa dituntut untuk peka terhadap informasi yang sedang berkembang.

"Mahasiswa sekarang, khususnya mahasiswa ilmu komunikasi harus serba tahu. Bukan hanya hal yang berkaitan dengan ilmu komunikasi, tapi juga berbagai pengetahuan yang ada saat ini. Mahasiswa dituntut untuk peka informasi," ujar Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, seperti dilansir dari laman Unpad, Minggu (14/5/2017).

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi & Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Drs. Gun Gun Siswadi, M.Si., mengatakan, mahasiswa adalah harapan untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa ini.

"Mahasiswa adalah ujung tombak bangsa. Harapan bangsa ada pada pundak para mahasiswa. Maka sudah sewajarnya jika mahasiswa mempersiapkan diri dengan memperbanyak ilmu dan pengetahuan sebelum lulus dan berkecimpung di dunia kerja. Hal itu harus menjadi bekal untuk memanfaatkan prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang besar dan penuh tantangan," tutur Gun Gun.

Koordinator Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si mengatakan, saat ini perkembangan zaman sangat mempengaruhi prospek kerja lulusan ilmu komunikasi di Indonesia.

"Saat ini zaman sudah semakin berkembang. Berbagai media muncul begitu banyak. Ini tentunya memperbesar prospek lulusan ilmu komunikasi. Memang harapannya banyak, tapi tantangannya juga banyak," ujarnya.

Untuk memanfaatkan besarnya prospek lulusan mahasiswa ilmu komunikasi, Direktur i-News TV, Wijaya Kusuma, MBA, menyebutkan, mahasiswa harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum lulus. Karena setelah lulus, saingan di dunia kerja tidaklah sedikit.

"Untuk menghadapi daya saing yang tinggi di dunia kerja, mahasiswa harus tahu pentingnya profesionalisme, memiliki daya saing, menjalin networking, serta menguasai bahasa asing," ujar Wijaya.


Sumber: okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply