» » » Mahasiwa Harus Jadi Tumpuan Bangsa

 Pemuda harapan bangsa adalah sesosok pemuda yang sangat diharapkan dan dibutuhkan oleh suatu bangsa yang mampu membangun dan memajukan bangsa agar menjadi lebih baik, mandiri, dan berkualitas. Pemuda harapan bangsa inilah yang akan menjadi penerus perjuangan para pejuang bangsa sebelum kemerdekaan. Pemuda harapan bangsa, harus dapat mengerti dan memahami tujuan dan cita- cita bangsa ini. Mereka sangat dibutuhkan oleh bangsa ini untuk dijadikan contoh atau panutan yang dapat ditiru untuk generasi yang akan datang.

Bangsa ini membutuhkan pemuda yang mandiri, cinta pada tanah airnya, berkualitas, mampu berprestasi, berkreatifitas, taat kepada semua peraturan yang ada, dapat dibanggakan dan berguna bagi bangsanya. Pemuda zaman dahulu telah melakukan banyak pengorbanan untuk melawan penjajah dengan menggunakan senjata untuk berperang seperti bambu runcing dan pedang. Mereka telah mengorbankan harta bendanya bahkan jiwa raganya demi kemerdekaan bangsa ini. Semua itu, mereka lakukan tanpa pamrih karena mereka sangat mencintai tanah airnya.

Pemuda harapan bangsa harus mempunyai moral dan perilaku yang baik serta harus menaati peraturan yang berlaku, Suatu bangsa mempunyai peraturan yang berbeda- beda ada yang tertulis maupun tidak tertulis, semua itu harus kita taati dan patuhi. Selain itu, pemuda harus mencintai tanah airnya dengan cara membela tanah airnya, tidak membeli produk- produk luar negeri, tidak menjelek- jelekan bangsa sendiri dan  tidak membanggakan bangsa lain. Tetapi, sekarang ini banyak remaja bahkan orang dewasa yang membeli dan menggunakan produk- produk luar negeri yang menurutnya lebih bagus dan berkualitas, tetapi sebenarnya iu semua belum terjamin kualitasnya. Kualitas produk buatan dalam negeri tidak kalah bagus dan hasilnya pun dapat dijamin. Tugas kita sebagai pemuda harapan bangsa adalah menyadarkan dan menunjukkan kepada masyarakat ataupun kepada dunia bahwa produk buatan Indonesia itu lebih baik, berkualitas, dan tejamin bahkan tidak kalah dengan bangsa lain.

Pemuda harapan bangsa tidak hanya dari kalangan pria, tetapi pemuda harapan bangsa juga bisa dari kalangan wanita. Pada zaman dahulu pria derajatnya lebih tinggi dibandingkan wanita, wanita tidak diperbolehkan bersekolah. Tetapi wanita terus berusaha untuk bersekolah, bahkan belajar secara sembunyi- sembunyi. Sekarang wanita dapat bersekolah dan mempunyai derajat yang sama dengan pria. Sekolah merupakan tempat mendidik, melatih, dan berinteraksi antar pelajar maupun guru, Pemuda yang memiliki niat dan bakat akan dilatih oleh guru pembimbing.

Dalam pembelajaran terdapat sebuah kesalahan- kesalahan, tetapi kesalahan itulah yang menjadi motivasi dan semangat untuk kita agar terus berusaha dan kita harus yakin dan percaya kalau kita pasti bisa. Sebagai pelajar, kita harus memiliki cita- cita yang tinggi. Untuk meraih cita- cita, kita harus belajar dengan sungguh- sungguh dan jangan lupa untuk berdoa. Kita juga tidak boleh melupakan jasa- jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi bangsa ini. Kita juga harus mencontoh langkah para pejuang salah satunya adalah sikap pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Kita dapat meneruskan perjuangan pahlawan dengan cara tekun belajar, berlatih dan meraih prestasi.

Sekarang ini, banyak pemuda yang mempunyai kreatifitas yang luar biasa dan potensi yang dapat dikembangkan contohnya seperti sekarang ini banyak remaja yang ahli dalam pembuatan robot, mesin, dan teknologi- teknologi yang canggih. Bahkan saat ini, banyak pemuda yang telah mengharumkan nama bangsanya dengan mengikuti kejuaraan di mancanegara  dan dapat meraih prestasi yang memuaskan. Semua itu di didik dan dilatih di sekolah sesuai bidangnya masing- masing. Jadi, sekolah sangat berperan dalam meningkatkan kreatifitas.

Banyak pemuda yang sudah meniru gaya hidup orang - orang Barat yang lebih modern. Mereka melupakan bahkan meninggalkan adat istiadat di daerahnya. Seharusnya kita dapat memilih dan mengetahui akibat dari gaya hidup tersebut, yang bermanfaat dapat ditiru dan yang tidak bermanfaat dapat ditinggalkan. Jadi, kita harus dapat memilih dampak positif dan negatifnya.

Marilah, kita berjuang demi tanah air kita ini.
Jadilah pemuda yang dapat dibanggakan dan bermanfaat bagi semua orang.
 Semasih kita bisa, mari kita lakukan.
Semangat terus....   Pantang mundur
Bersatu kita teguh....   Bercerai kita runtuh....
Kalau kita memiliki niat, pasti kita BISA..
Jangan takut GAGAL...
Karena KEGAGALAN merupakan suatu KEBERHASILAN yang tertunda.
Sumber :  ilsanti.blogspot.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply