» » » » Fory Maywan Rifa’i - Dedikasi Untuk Kemanusiaan Melalui Donor Darah Sukarela

Menerima penghargaan sebagai orang yang dapat menyumbangkan darah secara sukarela sejumlah 75 kali merupakan cerminan dari kebiasaan pola hidup sehat dan masih sedikit diantara kita yang berkesempatan atau berani melakukan hal tersebut. Di Kota Semarang ini terdapat 47 orang yang menerima penghargaan sebagai pendonor darah sejumlah 75 kali. Salahsatu diantara adalah Fory Maywan Rifa’i. Pria yang saat ini menjabat sebagai wakil Bendahara DPD KNPI Kota Semarang ini dengan sukarela membantu orang yang membutuhkan tanpa perlu mengenal siapa dan dari mana orang yang membutuhkan memlaui donor darah.

Mantan Komandan MENWA IKIP ini melakukan donor darah pertama pada 16 Februari 1996. Tampaknya sengaja mencari tanggal yang banyak diingat oleh semua kawula muda untuk memulai donor darah secara sukarela di Unit Transfusi Darah PMI Kota Semarang jalan Soegiyo Pranoto 35 Semarang. Pada tahun 1999 pria yang juga aktif dalam pemberdayaan karangtaruna ini mendapat penghargaan 10 X di Semarang oleh Ketua PMI Kota Semarang, selanjutnya pada tahun 2004 mendapatkan penghargaan 25 X oleh Walikota Semarang Soekawi Soetarip. Tekadnya untuk membantu sudah tertanam dalam jiwa sehingga pria yang juga aktif di Pemuda Pancasila ini pada tahun 2010 mendapatkan penghargaan atas donor ke-50nya di Solo oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kala.

Saat ditemui seusai menerima penghargaan dari Gubernur Ganjar Pranowo dengan datar ia mengatakan “Biasa saja mas, tidak ada yang hebat dari donor darah” kemudian ia melanjutkan “Dengan melakukan donor darah secara rutin itu sudah sama seperti cek kesehatan karena darah yang diambil sampelnya sudah masuk proses laboratorium sehingga jelas sekali orang yang rutin donor darah adalah orang yang sehat dan tidak ada masalah serius dengan penyakit ataupun bakteri dalam darah” terangnya.

Terkait dengan apa yang didapatkan dengan donor darah Fory menegaskan “Donor darah itu bukan hanya sekedar menyehatkan, tapi juga menyambung kehidupan istilahnya. Banyak nyawa terselamatkan dan banyak orang yang sakit, korban kecelakaan maupun bencana jadi memiliki kesempatan untuk hidup dengan adanya orang yang sukarela donor darah. Sebagai umat beragama kita wajib untuk yakin bahwa kegiatan kemanusiaan ini juga termasuk bagian dari ibadah sosial, dan setiap ibadah manusia pasti mendapat balasan yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa, entah apa bentuknya, saat ini ataupun kelak hukum alam tetap berlaku beriringan dengan ketentuan dan hukum Tuhan” terangnya panjang lebar.

Fory Maywan Rifa’i, S.Pd. M.Sc
Semarang, 2 Mei 1975
Guru Matematika SMK pelita Nusantara 1
Jl. Sendangguwo V RT 4 RW 10 Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan.
Komandan MENWA Satuan 927 IKIP PGRI
Mendagri BEM IKIP PGRI
Wakil Ketua Karang Taruna Kota Semarang
Wakil Bendahara DPD KNPI Kota Semarang
Wakil Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Semarang
Ketua DPC Partai NASDEM Kecamatan Pedurungan

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply