» » » PERANAN PEMUDA DALAM DUNIA PENDIDIKAN


Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya pendidikan tersebut. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini. Mengapa dikatakan demikian?

Pendidikan adalah suatu modal penting dalam hidup manusia apalagi genarasi bangsa, dengan pendidikan yang cukup, wawasan, pengetahuan yang luas akan mampu menyiapkan generasi muda yang berkualitas yang mampu membangun bangsa dan negara ini lebih baik.

Tentu saja pendidikan, kemampuan, wawasan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan. Di dalam bangku pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan.Tetapi entah mengapa banyak sekali warga di Indonesia ini yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya, khususnya di daerah-daerah terpencil di sekitar wilayah Indonesia ini. Sepertinya kesadaran mereka tetang pentingnya pendidikan  perlu ditingkatkan.
Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.

 Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.

Yang harus kita pikirkan sekarang, bagaimana caranya memberikan dan menerapkan pendidikan bagi generasi bangsa secara merata, tidak ada pembedaan suku, ras, agama, atau wilayah sehingga pendidikan tersebut mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Yang sekarang kita rasakan, pendidikan belum mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai tingkat paling bawah, karena faktor ekonomi dan faktor penunjang pendidikan yang belum merata dirasakan baik oleh pelaksana pendidikan maupun oleh peserta pendidikan.

Seperti contoh yang sering kita lihat, sekolah-sekolah yang berada dipusat kota sangat diperhatikan baik fasilitas gedungnya, sarana penunjang pendidikan dan penunjang keahlian siswa nya... tapi mari kita lihat sekolah yang berada dipelosok, mereka kesulitan mengeyam pendidikan karena gedungnya yang mau roboh, atau bahkan tidak sedikit siswa disekolah - sekolah tersebut yang belum pernah melihat komputer, menggunakan internet, menggunakan mikroskof dan lain - lain.

Tapi kita harus tetap terus berjuang demi masa depan anak-anak bangsa, kita terus bangun pendidikan di Negara kita dengan cara apapun, kita akan sangat berdosa apabila kita masih melihat anak usia sekolah masih ada dijalan demi mencari sesuap nasi, masih ada anak yang sulit mencapat pengetahuan yang lebih luas.. 

Dukung perjuangan kami demi kemajuan generasi penerus bangsa yang bermoral dan berkualitas.
Sumber : tangkascerdas.blogspot.co.id/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply