» » » Pentingnya Pemuda Membangun Negeri

Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda adalah aset yang mahal dan tidak ternilai harganya.

Kemajuan ataupun kemunduran suatu bangsa sangat bergantung pada pemuda yang mana menjadi tokoh utama dalam peranannya untuk melakukan suatu perubahan. Pemuda disebut sebagai tonggak suatu perubahan, sebab kaum muda memiliki potensi yang bisa diharapkan. Pemuda memiliki semangat yang sulit dipadamkan. Terlebih jika semangat dikolaborasikan dengan pengetahuan dan diimplementasikan melalui tindakan, m,ka akan terciptalah suatu perubahan.

Seharusnya potensi yang dimiliki generasi muda mampu memberikan kontribusi dalam mengatasi persoalan bangsa. Namun, realita sekarang agaknya berkebalikan. Melihat semangat kebangsaan saat ini mulai memudar, banyak pemuda yang tidak sadar akan peran dan tanggung jawabnya pada negara. Kasus tersebut sudah menjadi momok permasalahan dari dulu sampai sekarang.

Banyak pemuda yang terjebak dalam dunianya. Padahal sejatinya, pemudalah yang membawa perubahan bagi bangsa bukan malah mewarnai corengan kasus di suatu negara. Ada tiga peran yang mestinya pemuda harus memahami dan mengimplementasikannya. Tiga peran di antaranya pertama, sebagai generasi penerus, yakni menggantikan orang-orang yang sudah rusak karakternya. Kedua, pemuda sebagai generasi berikutnya, artinya harus bisa melanjutkan tokoh-tokoh perjuangan.

Ketiga, Sebagai agen pembaharu, memperbaiki kerusakan moral masyarakat. Namun, dewasa ini peran pemuda Indonesia terus mengalami distorsi. Pasalnya, kekuatan pemuda terbagi- bagi dalam beberapa bagian. Pemuda yang dalam negeri sekarang terpecah-belah karena kepentingan. Padahal, kekuatan pemuda yang di dalam negeri hanyalah separuh kekuatan pemuda yang ada.

Separonya lagi kekuatan pemuda ada di luar negeri. Kekuatan pemuda yang di luar negeri terhimpun dalam wadah Perhimpunan Pelajar Indonesia sedunia. Sayangnya, Kekuatan ini nyaris terlupakan atau sengaja dilupakan. Apabila dipelajari dari sejarah Indonesia, ternyata kekuatan pemuda Indonesia baru mempunyai impact ketika bersatu dengan kekuatan yang ada di luar negeri.

Sinergi kekuatan pemuda dalam negeri dan di luar negeri harus dilakukan segera, mengingat bangsa Indonesia sekarang ini sudah mulai kehabisan energi, yakni alam upaya-upaya terobosan perubahan menuju Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. Kekuatan pemuda ini sangat dinamis sehingga bisa bergerak lincah dan berani menghadapi tantangan bangsa. 
Sumber : www.koran-sindo.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply