» » » Membentuk Karakter Pemuda Indonesia Sebagai Figur Pemimpin Masa Depan

Pemuda Indonesia adalah generasi bangsa yang berperan penting untuk masa depan bangsa Indonesia. Peran para pemuda sangat penting untuk kemajuan bangsa kita, karena masa depan bangsa kita ada ditangan mereka. Dalam pidatonya Bung Karno berucap “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia” (Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia).

Pentingnya pendidikan yaitu, untuk melahirkan generasi bangsa yang berpendidikan, bertanggung jawab dan yang memiliki rasa cinta tanah air. Tanpa mereka jadi apa bangsa kita nanti, tidak ada sosok pemuda yang menjadikan bangsa kita pembeda dari bangsa lain. Bangsa kita tidak pernah terlepas dari upaya dan kerja keras para pemuda.

Keluarga peran utama dalam membentuk pribadi anak. Karena keluarga sangat berpengaruh kuat terhadap pembentukan potensi watak dan kepribadian anak, terutama dalam masa-masa remaja. Baik dan buruk nya perilaku anak dipengaruhi oleh keluarga dan lingkungan sosial.

Peran orang tua harus memotivasi dan mendorong keberhasilan anak. Apapun yang dipilih oleh anak selagi itu membawa dampak positif buat mereka, orang tua harus mendukung. Karena anak lebih baik diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang.

Dengan salah satu cara seperti itu, anak-anak bisa terhidar dari yang namanya kenalakan remaja yang berdampak negatif untuk mereka. Dengan kemampuan yang mereka sudah dapat kan, mereka akan memberikan hal-hal yang positif terhadap lingkungan. Contohnya, anak remaja sekarang banyak yang mengikuti pecinta alam, dengan mereka mengikuti kegiatan tersebut mereka akan mengetahui bagaimana cara menghargai ciptaan Allah SWT dan menjaganya.

Kualitas generasi muda sangat penting untuk menentukan masa depan bangsa. Karena merekalah yang akan menjadi pemimpin bangsa kita yang akan datang. Mahasiswa sangat erat kaitannya dengan perubahan, yang biasa dikenal dengan istilah agent of change. Kita sebagai mahasiswa mempunyai tanggung jawa besar dalam membuat perubahan-perubahan.

Kita liat diluar sana banyak generasi bangsa sudah mengikuti budaya dari luar, tanpa mereka sadari itu salah satu cara bangsa luar menghancurkan moral-moral generasi muda. Sudah banyak pemuda Indonesia saat ini tidak memiliki moral-moral yang baik, bahkan sudah tidak ada rasa malu. Sudah tidak ada sopan santun terhadap orang yang lebih tua, dari itu kita bisa melihat karakter pemuda bangsa Indonesia saat ini.

Secara moralitas mahasiswa harus mampu bersikap dan bertindak lebih baik dari yang lain, karena mahasiswa memiliki latar belakang sebagai kaum intelektual. Mereka yang siap berkata yang benar itu benar dan yang salah itu salah, mereka harus menjujung tinggi kebenaran dan keadilan. Mahasiswa juga harus kritis dalam menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Sudah jarang kita temukan karakter pemuda Indonesia yang baik saat ini, dampak buruk yang terjadi pada pemuda Indonesia saat ini salah satu adanya dampak globalisasi. Pemuda kita saat ini sudah banyak yang krisis karater. Banyak terjadinya tawuran antar pelajar ataupun antar mahasiswa, penyalahan narkoba dan maraknya pergaulan bebas. Penyebab terjadinya hal-hal seperti itu dikarenakan generasi muda saat ini belum siap menghadapi eraglobalisasi, dan kurangnya pendekatan diri kepada Allah SWT.

Kita sebagai generasi penerus dan calon pemimpin bangsa Indonesia harus memiliki karakter yang kuat, tanpa karakter yang kuat akan beresiko besar terhadap bangsa Indonesia yang akan datang. Pendidikan karakter saat ini sangat dibutuhkan oleh pemuda Indonesia, karena banyak hasil penelitian membuktikan bahwa karakter seorang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Pemuda yang berkarakter adalah pemuda yang bisa mengendalikan emosi, dan mereka bisa terhindar dari masalah-masalah yang dihadapi oleh pemuda seperti, tawuran, narkoba, miras, dan sebagainya. Oleh karena itu, buat para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, nasib bangsa kita yang akan datang ditangan kita bersama. Jadilah generasi penerus bangsa yang berkarakter baik dan bermoral, tetap menjujung tinggi kebenaran dan terus berbuat yang makruf dan mencegah dari yang munkar. Semoga dengan pemuda Indonesia yang berkarakter akan menjadi calon pemimpin yang amanah dan siap menghadapin permasalah yang akan datang. 
Sumber : awaliyaanis.blogspot.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply