» » » “Semangat Pemuda Dan Harapan Bangsa”

Oleh Muhammad Joe Sekigawa

Mendegar kata pemuda saja, pasti hal pertama yang terlintas di kepala kita adalah tentang semangat, enerjik, dan juga idealisme. Ya, memang sederetan kata itulah yang kurang lebih menggambarkan betapa hebatnya kobaran perubahan yang diusung oleh kelompok pemuda ini. Kita ketahui bersama juga bahwa pemuda merupakan tokoh “pertengahan” antara anak-anak dan orang tua. Dengan peranannya yang cukup strategis tersebut, seorang pemuda mampu menyuarakan perbaikan secara lebih kuat dan tegas. Demikianlah adanya, potensi pemuda sungguh tak diragukan lagi keshahihannya.

Dari paparan awal di atas, sudah jelas dapat kita tarik pemahaman bersama bahwa memang pemudalah yang patut diharapkan dan diimpikan sebagai salah satu strata yang ada di dalam masyarakat untuk membawa negeri ini menuju ke arah yang lebih baik, sampai pada Indonesia Jaya Merdeka Selamanya.

Hanya saja, di samping potensi yang luar biasa tersebut, kita pun patut menyoroti tentang keadaan pemuda di era modern ini di mana ketika kemungkaran telah merajalela, kemaksiatan hadir di depan mata tanpa jeda, dan tak ketinggalan hedonisme kehidupan yang semakin terbuka. Sungguh miris melihat kenyataan yang tak dapat dielakkan tersebut. Sudah idealkah apa yang selama ini kita seru-serukan bahwa pemuda sebagai pemain utama dalam perubahan? Tentu diantara para sekian juta pemuda yang ada di Indonesia ini tidak semuanya masuk dalam kriteria yang diharapkan. Oleh karena itu, pertanyaannya adalah pemuda yang bagaimana yang patut menjadi harapan bangsa Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah jawabannya:
  1. Pemuda yang mengakui akan adanya Tuhan Yang Maha Esa
  2. Pemuda yang memiliki akhlak mahmudah disertai ilmu yang mumpuni sesuai bidangnya
  3. Pemuda yang tidak anti untuk menyuarakan kebenaran di tengah pusaran kebatilan
  4. Pemuda yang memiliki integritas tinggi terhadap Islam, bangsa dan negaranya, yaitu Indonesia Jaya menuju Indonesia Raya
  5. Pemuda yang cinta akan persaudaraan, menyebarkan kebaikan, dan mencegah daripada kemungkaran dan kemaksiatan
Demikianlah pemuda, di dalam dirinya tersimpan kekuatan yang besar dan menjadi semakin besar ketika ditempa sesuai dengan kadarnya. Langkah praktis untuk menjadi Pemuda Pemimpin Perubahan hanyalah ada tiga hal: 1)Berbekal Ilmu sebagai dasar untuk bertindak; 2)Menyuarakan Perubahan agar tergugah kesadaran masyarakat; dan 3)Laksanakan dengan amal perbuatan agar menjadi teladan bagi umat. Sungguh, tiada kejayaan bangsa ini akan didapatkan jika pemudanya tidak berpegang teguh pada prinsip yang menyadarkan dirinya darima ia berasal? Untuk apa dia tetap ada di dunia? Dan akan kemana nantinya setelah meninggalkan dunia?

Wahai Para Pemuda Bangsa Indonesia..!!!! Di tengah gejolak ketidakadilan dan kemerosotan harga diri bangsa ini, Harapan itu Masih Ada…!!!! Dan ENGKAU-lah salah satu tokoh yang berperan di dalamnya. Jika Engkau enggan untuk mengambil peran dalam kepemimpinan bangsa, maka sudah dapat dipastikan pada beberapa tahun yang akan datang, sudah tidak didengar lagi nama BANGSA INDONESIA.
Sumber : bocahbancar.wordpress.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply