» » » Generasi Muda Tak Patahkan Semangat untuk Raih Prestasi

Tak terasa kini Indonesia Merdeka telah berusia 70 tahun. Bertahun-tahun Indonesia di jajah, dan jangan sampai kita di jajah kembali. “Kemerdekaan itu di capai berkat perjuangan bangsa.” (Teknokrat, Penemu Pesawat CN-25) Maka dari itu kita harus tetap bersatu dan mempertahankan kemerdekaan kita. Kini saatnya para generasi muda yang melanjutkan hasil susah payah sang para pejuang Bangsa. Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan Bangsa Indonesia, pemuda selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Pemuda akan selalu menjadi people make history (Orang yang membuat sejarah) di setiap waktu nya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan IPTEK, banyak generasi muda yang terjerumus dalam hal-hal negative yang makin lama kian meningkat. Kondisi pemuda Indonesia saat ini, mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan, dan lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pemuda.

Apa jadi nya Indonesia jika sikap generasi muda seperti itu? Bagaimana nasib Indonesia di masa mendatang? Generasi muda semestinya harus memiliki tujuan dan mimpi untuk negeri ini di masa mendatang. Kita bisa lihat dan tiru contoh perilaku para pejuang Bangsa, salah satu nya yaitu B.J  Habibie. Siapa yang tak mengenal B.J Habibie? B.J Habibie merupakan Bapak Presisen RI pertama yang menerima banyak penghargaan terutama di bidang IPTEK baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jasa-jasanya dalam bidang teknologi pesawat terbang mengatarkan beliau mendapat gelar kehormatan (Doctor Of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka di dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University. Beliau adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang. Di masa kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya fisika. Kini B. J Habibie orang terkemuka di mata Dunia, karena dengan kecerdasannya. Dan saat ini masih banyak lagi berbagai macam karya hasil beliau yang patut kita banggakan,dan kita contoh, dan ini bisa menjadi pembelajaran kita. “Jangan pernah harapkan orang lain datang membangun Bangsa kita.” (B. J Habibie)

Ayo generasi muda kita kobarkan semangat di dada. Kita gapai impian dan raih prestasi untuk Ibu Pertiwi. Segala hal kesuksesan itu semua berawal dari mimpi, dengan semangat dan tekad yang tinggi, mimpi itu akan menjadi kenyataan. Yang terpenting kita harus tetap semangat, mencoba dan terus mencoba. Jika kita mengalami suatu kegagalan, jadikanlah sebuah kegagalan itu sebagai motivasi dan pengalaman hidup kita untuk menjadi lebih baik lagi. Tapi perlu di ingat! Tujuan dan mimpi yang di capai harus di pikirkan secara matang dan di susun secara rapi sesuai dengan Pancasila. Dengan demikian, tujuan untuk menjadi Negara yang unggul dengan generasi muda yang sukses akan tercapai.

Mengapa harus sesuai dengan pancasila? Pancasila adalah ideologi dasar bagi Negara Indonesia yang sangat cepat dalam menyesuaikan dalam perkembangan zaman. Jadi, pancasila tidak akan menjadi ideologi yang ketinggalan oleh perkembangan zaman  . Ideologi juga yang membuat generasi muda menjadi percaya diri dalam menghadapi tantangan masa depan. Pancasila mengajarkan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda untuk menjadi warga Negara yang cinta damai, tidak merugikan Negara, mempunyai sikap patriot, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara ini. Saya masih ingat ketika saya belajar PKN, guru saya pernah berkata “Pancasila adalah jati diri Bangsa kita, suatu falsafah untuk Negeri kita. Jika generasi muda Indonesia seperti kalian tidak berpedoman pada pancasila, maka suatu saat nanti Indonesia akan kehilangan identitasnya dan Indonesia akan kehilangan rasa kesatuan. Karena nilai-nilai yang ada pada pancasila terdapat arti yang sangat penting dalam negeri Indonesia yang memiliki berbagai macam agama, suku, dan ras.”  (Asylak Manshur)

Dalam butir-butir pancasila sudah jelas memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khusunya bagi generasi muda Indonesia. Berikut ini adalah butir-butir pancasila beserta penjelasannya : Sila-1 “Ketuhanan Yang Maha Esa.” Di Indonesia terdapat berbagai keyakinan. Dengan mamahami dan mengerti tentang keragaman tersebut  generasi muda yang berbeda-beda agama dapat saling menghormati satu sama lain dan dapat menghormati kebebabasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing yang berada di Indonesia. Dengan begitu Indonesia tidak akan pecah dengan hal yang berbeda-beda agama ini karena telah memiliki rasa toleransi yang tinggi. Sila-2 : “Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.”Pentingnya persamaan derajat kemanusian dalam bangsa ini. Karena manusia diciptakan oleh Tuhan tanpa membedakan-bedakan. Generesi muda akan bisa berbangsa dan bernegara tanpa membeda-bedakan derajat manusia. dalam sila kedua ini sebenarnya mengandung cita-cita kemanusiaan, sebab semua manusia memang sama tidak perlu lagi dibedakan mana yang mampu dan mana yang tidak mampu.

 Sila-3 : “Persatuan Indonesia.” Semua generasi muda harus bersatu dan bersama-sama untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang disegani oleh bangsa lain. Indonesia harus mempunyai sifat gotong royong dalam membangun negeri ini, karena dengab sifat gorong tersebut akan memudahakan untuk menuju Indonesia unggul. Jiwa leluhur yang harus dipraktikan dalam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Sila-4 : “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.”

Indonesia mempunyai kurang lebih 240 juta jiwa penduduk, itu artinya bahwa negara ini harus memetingkan rakyat banyak disetiap kebijakan-kibajakan oleh pemerintah bukan untuk kepentingan golongan apalagi kepentingan pribadi.  Lebih mengutamakan musyawarah untuk kepentingan orang banyak dalam melaksanakan rencana kebijakan oleh pemerintah. sehingga demokrasi di Indonesia terlaksana dengan baik. Semua pembangunan di Indonesia harus demi dan hanya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Sila-5 : “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.” Keadalian sosial berarti semua warga rakyat Indonesia berhak atas terjaminnya pendidikan, kesahatan dan kesejahteraan.

Sudah jelas pancasila itu sungguh bermakna, dan cocok di jadikan sebagai pedoman hidup Bangsa. Ayo kawan! Kini saatnya kita bersatu, kita gapai impian kita untuk menjadi generasi muda yang sukses. Kita bangun Indonesia menjadi Negara maju dan Negara terkemuka di Dunia. HIDUP INDONESIA MERDEKA! GARUDA DI DADAKU!.
Sumber : xtpm01.blogspot.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply