» » » Generasi Muda Indonesia Menjawab Tantangan Masa Depan

Sebagai negara yang berkembang, Indonesia tentu saja terus berusaha untuk menjadi negara yang maju demi tercapainya tujuan kesejahteraan umum. Nasib Indonesia di masa depan ditentukan oleh kualitas dari pemuda-pemuda Indonesia. Para pemegang kebijakan negeri ini telah membukakan jalan bagi pemuda-pemuda Indonesia saat ini tentang langkah-langkah untuk menuju negara yang maju. Oleh karena itu, sebagi pemuda kita harus mempersiapkan kualitas diri kita untuk menghadapi tantangan ke depan. Sebagi pemuda kita harus mempunyai impian ke depan. Kita harus memiliki impian untuk menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang unggul dalam bidang apa. Kenapa kita harus memiliki impian? Sebab dengan impian itulah langkah kita menjadi jelas. 

Dengan impian itu kita akan menentukan jalan mana yang sesuai dengan impian kita dan tidak sesuai dengan impian kita. Jalan yang sesuai dengan impian kita akan kita tempuh dan pertahankan dari berbagai ancaman, sedangkan jalan yang akan menjauhkan kita dari impian kita tidak akan peduli dengan jalan tersebut. Dari jalan yang kita tempuh untuk mencapai impian itu, tentulah bukanlah jalan yang mudah. Era globalisasi seperti sekarang ini,mau tidak mau kita harus menghadapi berbagai macam budaya dan pemikiran yang bermacam-macam. Ada budaya dan pemikiran yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita miliki sebagi bangsa Indonesia dan ada juga yang tidak sesuai. Oleh karena itu, sebagai seorang pemuda, kita harus memegang kuat nilai-nilai baik yang ada dalam budaya kita.

 Dengan mempertahankan nilai-nilai tersebut, kita tidak akan terjebak dengan mengikuti nilai-nilai dari luar yang justru akan membuat kita tidak produktif dan kreatif untuk mencapai tujuan kita. Sebagi salah satu contoh adalah budaya kerja sama atau gotong royong yang merupakan budaya asli dari bangsa ini. Budaya ini perlu di pegang dengan kuat oleh kita sebagai pemuda Indonesia untuk bahu-membahu dan bekerja sama dalam memajukan Indonesia ke depan. Jangan sampai kita terjebak dalam budaya individualisme dan hedonisme yang hanya memetingkan kepentingan diri sendiri dan kepentingan sesaat. Selain itu, sebagi pemuda kita harus meningkatkan kreativitas. Kita harus kreatif dalam menyikapi permasalahan yang ada. Bagaimana caranya agar kita kreatif? Kreativitas muncul karena banyaknya pengetahuan yang ada dalam otak kita. Dengan pengetahuan itulah,kemudian kita dapat membandingkan dan bahkan menemukan cara tersendiri untuk menyelesaikan permasalahan. Dan tidak ada cara lain untuk memperoleh pengetahuan yang banyak selain dengan membaca. Oleh karena itu, sebagai pemuda yang menjadi harapan bangsa ke depan kita harus rajin membaca. Membaca mungkin adalah kata yang sudah kuno dan basi.

 Namun perlu di ketahui bahwa orang-orang besar tidak muncul begitu saja,melainkan sebelum menjadi orang besar mereka adalah orang yang sangat gemar membaca. Sebut saja presiden pertama republik ini adalah orang yang sangat gemar membaca. Bahkan suatu hari ia pernah di tanya oleh pegawai dari pemerintah Hindia Belanda bahwa mengapa ia begitu rajin membaca banyak buku. Jawaban beliau saat itu adalah jawaban yang pantas untuk di tertawakan oleh pegawai pemerintah tersebut. Jawaban Soekarno pada saat itu adalah jawaban yang mengada-ngada dan hanya sebuah impian kosong yang tidak mungkin tercapai bagi pegawai tersebut. Hal ini dikarenakan jawaban Soekarno adalah ia ingin menjadi seorang presiden bangsa Indonesia. Sebuah jawaban yang mungkin hanya sebuah mimpi. Bagaimana mau jadi presiden, negerinya sendiri saja di jajah olah bangsa lain. namun dari mimpi itulah kemudian sejarah membuktikan bahwa mimpi itu bisa menjadi kenyataan. Soekarno pada saat itu paham bahwa mimpi tidak akan terwujud hanya dengan bersantai-santai.oleh karena itu, untuk mencapai mimpinya ia telah menentukan langkah-langkah yang harus di laluinya. Dan langkah itu adalah dengan membaca, sebab dengan membaca ia bisa memiliki banyak pengetahuan, biak itu pengetahuan tentang politik, ekonomi, sosial, budaya dan hukum. Ia sadar bahwa bagaimana ia bisa menjadi seorang pemimpin kalau tidak memiliki pengetahuan. Oleh karena itu, negara kita yang masih tergolong rendah dalam aktivitas membaca, harus rubah dan balik menjadi sebuah negara dengan aktivitas membaca yang tertinggi, untuk mencapai apa yang telah menjadi impian kita. Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan, adalah penguasaan terhadap bahasa asing. Hal ini penting karena pengetahuan itu tersebar ke dalam berbagi bahasa. Sebagai pemuda, dengan memiliki kemampuan terhadap bahasa asing, maka kita dapat menyerap berbagai saripati pengetahuan dari bangsa lain. 

Dengan mengetahui pengetahuan dari bangsa asing, kita dapat menjadikannya sebagai perbandingan untuk mencapai tujuan kita atau kita bisa mengombinasikan pengetahuan itu sesuai dengan tujuan kita. Selain itu, persaingan global sekarang ini menuntut kita untuk memiliki kemampuan bahasa asing, karena saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan orang Indonesia saja melainkan kita menghadapi bangsa lain dalam persaingan ekonomi dan pemikiran. Dengan kemampuan-kemampuan yang telah kita persiapkan seperti di atas, maka bisa di pastikan kita bisa bersaing secara global ke depan. kita tidak akan menjadi bangsa yang minder di hadapan bangsa-bangsa lain, dengan kualitas yang kita miliki. Oleh karena itu, kita sebagai pemuda harapan bangsa ini, jangan menunda-nunda lagi langkah kita untuk mewujudkan impian kita menjadikan negara Indonesia sebagi negara maju. Mulai sekarang, kita harus menentukan langkah-langkah yang akan kita tempuh untuk mewujudkan impian kita. Dan dalam menjalani setiap langkah yang telah kita tetapkan, jangan pernah melupakan yang namanya kerja keras. Kerja keras ini akan menentukan sejauh mana kitasungguh-sungguh dalam usaha untuk mewujudkan mimpi. Dengan kerja keras kita tidak akan mudah menyerah dengan keadaan yang mungkin tidak menguntungkan. Janganlah kita menjadi pemuda-pemuda yang bermental kerupuk, sekali di goyang langsung patah. Janganlah kita menjadi pemuda-pemuda yang tidak memiliki mimpi sama sekali.

Sumber : www.kompasiana.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply