» » » Peran Pemuda Dalam Mengisi Kemerdekaan

 Seperti yang telah kita ketahui  bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejang perintisan pergerakan, Pemuda berperan aktif sebagai ujung tombak untuk membebaskan Bangsa Indonesia  dari belenggu para penjajah menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, dan berdaulat. Catatan sejarah bangsa ini menempatkan peran pemuda sebagai pilar dan motor untuk mencapai kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Di mulai dari Budi Utomo tahun 1908, Sumpah pemuda tahun 1928, Proklamasi Kemerdekaan tahun 1945.
Ternyata peran pemuda di era setelah kemerdekaan pun masih sangat diperlukan, pemuda mempunyai fungsi dan peran yang strategis  dalamhal pembaharuan dan pembangunan bangsa. Sehingga perlu di kembangkan potensi dan peran dari pemuda itu sendiri.

Untuk meningkatkan potensi dan peran para pemuda  di perlukan kesadaran diri dari individu itu sendiri namun di balik itu negara  indonesia mempunyai peranan tersendiri dalam hal penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan para pemuda seperti yang tertulis di dalam pembukaan UU RI No 40 th 2009 tentang kepemudaan.
 
Terkait dengan kesadaran yang harus ditanamkan dalam diri setiap pemuda. Pemuda di tuntut untuk memainkan perannya dalam mengisi kemerdekaan,baik itu sebagai agen perubahan, kontrol sosial maupun moral dalam hal pembangunan nasional.Selain itu, pemuda juga diharapkan dapat bertanggung jawab  untuk tetap bisa menjaga pancasila, keutuhan NKRI, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam konteks  perguruan tinggi , pemuda memiliki tugas pokok untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pemuda dalam hal ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat. Pendidikan dalam konteks menerima dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diterima selama menjadi mahasiswa. Penelitian meliputi kajian-kajian strategis baik perbaikan maupun penemuan baru demi kemajuan bangsa. Pengabdian terhadap masyarakat yaitu pengamalan potensi, ilmu dan pengetahuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

Situasi Negara dewasa ini yang  kurang stabil, dengan banyak terjadinya bencana, konflik kepentingan, degradasi moral dan terorisme, menuntut pemuda khususnya mahasiswa untuk menjadi stabilisator, dinamisator, kreator dan inovator perubahan ke arah yang lebih baik. kita semua harus berusaha untuk tetap memiliki semangat kejuangan, sifat kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis dan futuristik. Semoga Bangsa Indonesia akan semakin jaya dengan peran para pemuda yang senantiasa berkarya.
Sumber : www.ray-id.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply