» » » Makna Kebangsaan atau Nasionalisme

Bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang. Sebagai pejuang, bangsa Indonesia telah menunjukkan kegigihannya dalam melawan segala bentuk penjajahan. Semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pejuang bangsa Indonesia ini salah satunya didorong oleh adanya semangat nasionalisme atau kebangsaan.

Nasionalisme dapat diartikan sebagai bentuk kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu. Dalam arti sederhana nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Akan tetapi, dalam perkembangannya makna nasionalisme dibedakan menjadi dua, yaitu dalam arti sempit dan luas.

  1. Nasionalisme dalam arti sempit diartikan sebagai perasaan kebanggaan atau cinta terhadap bangsanya secara berlebihan dan memandang rendah terhadap bangsa lain. Nasionalisme ini sering disebut chauvinisme.
  2.  Nasionalisme dalam arti luas diartikan sebagai perasaan cinta/ bangga terhadap tanah air dan bangsanya, tetapi tidak memandang rendah terhadap bangsa lain. Sifat nasionalisme ini sangat baik untuk dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika setiap negara berpegang pada pandangan ini niscaya tidak akan terjadi perang antarnegara.
Sumber : www.edukasippkn.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply