» » » Langkah-Langkah Menjadi Anak Muda Yang Produktif

Kalian semua yang muda atau yang masih berjiwa muda, kali ini kita akan membahas mengenai “Langkah – Langkah Menjadi Anak Muda Yang Produktif”. Pastinya di usia kalian yang masih muda, kalian menginginkan banyak hal; mulai dari prestasi gemilang, teman yang banyak, atau bahkan uang jajan yang banyak pula. Namun, kebanyakan dari kita lebih memilih hanya bermimpi daripada merealisasikan mimpi tersebut. Padahal, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menjadi seorang pemuda yang produktif sehingga bisa mencapai impian-impian diatas. Berikut ini tips & trik dari kami untuk kalian para kawula muda:

Wake Up Earlier

Bangun pagi memang seperti momok yang menakutkan bagi banyak anak muda di dunia. Seringkali alarm jam/handphone tak mempan untuk membangunkan kita di pagi hari. Hanya teriakan Ibu yang bisa membuat kita bangun dengan sekejap dan segera menuju kamar mandi. Padahal, dengan bangun lebih pagi tubuh akan lebih siap memulai aktifitas hari ini, karena mendapatkan sinar matahari pagi. Paksakan dirimu agar bangun lebih pagi, karena itu merupakan kunci utama untuk sukses dan lebih unggul dari teman-teman mu yang lain.

Contoh: CEO Apple, Tim Cook, dia selalu bangun jam 5 pagi setiap hari untuk memulai pekerjaannya yang sangat panjang dan melelahkan. Bangun lebih pagi membuatnya bisa memiliki “Me-Time” untuk memikirkan segala hal akan dia lakukan pada hari itu secara jernih.

Berolahraga Secara Teratur

Bagi anak muda, olahraga mungkin bisa menjadi suatu hobi atau pun hal yang justru menjemukan. Untuk kalian yang tidak menyukai olahraga, mulai lah berolahraga secara teratur. Olahraga bisa menjaga stamina di tengah-tengah aktifitas mu yang padat. Banyak sekali kegiata seperti; pergi sekolah, berorganisasi, mengikuti berbagai les, atau sekedar bermain dengan teman. Paling tidak sempatkan 30 – 60 menit selama 3 – 4 kali dalam seminggu untuk berolahraga. Niscaya tubuh kalian akan tetap fit dan kemampuan otak kalian akan kreatif setiap saat.

Buatlah Jadwal Kamu Sendiri “To Do List”

Anak muda yang aktif berkegiatan pasti tidak sekedar sekolah dan belajar saja. Mereka mempunyai kegiatan lain seperti mengikuti organisasi didalam atau luar sekolah, mengikuti berbagai macam ekstrakulikuler atau masuk sebuah klub olahraga/hobi. Maka dari itu, sempatkan lah membuat sebuah jadwal (schedule) sendiri. Membuat “To Do List” akan membuat mu semakin efisien dan efektif dalam menjalani berbagai aktifitas padat setiap hari. Tidak hanya itu, sebuah jadwal yang terorganisir juga akan membuat mu terhindar dari rasa stress.

Study Hard, Work Hard, and Play Hard

Memakai sebuah filosofi Cina, yaitu Yin dan Yang, bahwa hidup harus lah seimbang. Jika kalian sudah belajar dengan keras untuk menggapai prestasi gemilang. Kemudian ditambah dengan bekerja, untuk membantu memenuhi kebutuhan pribadi. Atau mungkin kalian memang tidak ingin menyusahkan orang tua sehingga memilih part-time job. Luangkan lah sedikit waktu kalian untuk menikmati hari. Dengan sekedar melakukan “Me-Time”, bermain dengan teman, atau kencan dengan pacar, yang pasti sempatkan waktu untuk melepaskan segala penat. Hal ini juga mujarab agar kalian bisa bekerja/belajar lebih efisien dan efektif.

Keluar Dari “Comfort Zone”

Comfort Zone seringkali membuai manusia untuk tetap tinggal disitu dan tak berkembang lagi. Hal ini sangat berbahaya bagi kalian yang masih muda. Teruslah mengeksplorasi diri dengan melakukan hal-hal baru setiap hari. Mulai lah dari hal-hal yang sederhana, seperti menambah satu teman baru setiap hari atau sekedar lebih aktif di kelas. Dengan semangat akan tantangan baru, kamu akan menjadi seseorang dengan kepribadian yang lebih percaya diri dan smart.

Temukan Jati Dirimu Sedini Mungkin

Banyak sekali pemuda-pemudi yang menyatakan kegalauannya ke berbagai sosial media. Kemudian, sudah lumayan banyak juga tontonan kurang berkualitas di televisi yang justru menjadi tuntutan bagi anak-anak muda zaman sekarang. Cobalah untuk mencari lebih dalam lagi tentang jati diri kalian. Konsumsi lah berbagai buku-buku biografi atau motivasi yang dapat menambah semangat juang. Perbanyaklah berkumpul dengan orang-orang positif. Berpikirlah keras tentang siapa dirimu yang sebenarnya. Dan jangan takut untuk melakukan berbagai kegagalan. Karena sejatinya keuntungan menjadi anak muda adalah kita bebas melakukan banyak sekali kesalahan tanpa harus takut  dipecat dari pekerjaan.

Semoga langkah-langkah diatas bisa membuka wawasan kalian semua tentang bagaimana menjadi anak muda yang produktif. Berikut ini ada beberapa barang yang menjadi rekomendasi agar kalian tetap produktif di kala muda.
Sumber : blanja.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply