» » » » » » Choirul Awaludin Pimpin KNPI Kota Semarang

Gelaran Musyawarah Kota (Muskot) ke-XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang selama dua hari yaitu Sabtu (12/3/2016) sampai Minggu (13/3/2016) di Metro Hotel, Semarang.

Muskot dengan agenda utama pertanggungjawaban pengurus DPD KNPI Kota Semarang Masa Bhakti 2012-2015 dan pemilihan ketua untuk peride 2016-2019 berjalan cukup seru dan menegangkan.

Forum tertinggi organisasi kepemudaan Kota Semarang itu akhirnya menetapkan Choirul Awaludin menjadi ketua untuk memimpin organisasi untuk tiga tahun mendatang.

Dalam rapat sidang pemilihan ketua muncul tiga nama calon, yakni Choirul Awaludin (Wakil sekretaris II), Muhammad Ulil Haq (Sekretaris), Adhyatma Teguh Wibowo (Pengurus Kecamatan-PK Genuk).

Setelah melalui verifikasi presidium sidang, ketiga nama tersebut dinyatakan lolos sebagai bakal calon dengan mengantongi minimal dukungan 3 Pengurus Kecamatan (PK) KNPI dan 3 Organisasi Kepemudaaan (OKP). Setelah dinyatakan lolos, masing-masing kandidat diberi kesempatan memaparkan visi-misinya selama 10 menit, namun tiba giliran Muhammad Ulil Haq, yang bersangkutan menyatakan mengundurkan diri. Jadi calon hanya tinggal dua; Choirul Awaludin dan Adhyatma Teguh Wibowo.

Menariknya, saat dilaksanakan pemungutan suara dari total 91 pemilik suara (voter) yang sudah terverifikasi pihak panitia. Awaludin meraih 45 suara, Adhyatma mendapat 45 suara, sedangkan 1 dinyatakan abstain. Dari total perolehan suara tersebut secara otomatis draw (sama).

Karena sama atau belum ada pemenang, maka sesuai tata tertib (tatib) mekanisme pemilihan Ketua KNPI Pasal 8 ayat 3 menyebutkan apabila terdapat lebih dari satu calon yang mendapat suara yang sama, maka pemilihan ketua diulang sampai terdapat selisih suara atau pemilihan ulang.

Sidang pun diskors selama satu jam. Para tim sukses (sukses) kedua kandidat melakukan lobi-lobi politik. Ketika jam menunjukkan pukul 02.00 (Minggu13/3) dini hari, pemilihan ulang mulai. Setelah proses pemilihan dan penghitungan suara dari 91 pencoblos, baik dari utusan DPD KNPI Jawa Tengah, Majlis Pembina Indonesia (MPI) KNPI Kota Semarang, DPD KNPI Kota Semarang dan OKP Se-Kota Semarang. Adhyatma masih tetap mendapat 45 suara sedangkan Awaludin naik satu digit meraih 46 suara.

Ketua terpilih Choirul Awaludin dalam paparan visi-misinya ingin menjadikan organisasi kepemudaan di Kota Semarang mempunyai karakter dan jatidiri. "Pemuda harus bisa menjadi panutan (teladan) bagi lingkungan. Kedepankan moral dan etika dengan memegang teguh nilai-nilai pancasila,” kata pria yang akrab disapa Awal itu, dalam rilis yabg dikirim ke Tribun Jateng, Senin (14/3/2016).

Mantan ketua PMII Komisarit UIN Walisongo dan aktivis IPNU Kota Semarang itu juga berjanji membangun kekompakan OKP-OKP di Semarang. "Jika saya diberi amanah, saya siap merangkul semua komponen untuk memajukan KNPI Kota Semarang,” ucapnya.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply