» » » Cara Mengisi Kemerdekaan Bagi Para Generasi Muda

”Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan indonesia.

Hal – hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain – lain diselenggarakan dengan cara seksama, dan dalam tempo yang sesingkat – singkatnya. Jakarta, 17 agustus 1945 , atas nama bangsa Indonesia , soekarno hatta.”

Bisa kita bayangkan bagaimana 69 tahun yang lalu sang proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan indonesia setelah pertumpahan darah selama penjajahan yang di alami bangsa ini lebih dari 350 tahun. Saat – saat itu adalah puncak dimana kesempatan berhasil dirubah untuk menjadi momentum, sebuah peradaban baru bangsa Indonesia yang baru, di atas kemerdekaan untuk bebas menentukan nasib kehidupannya sendiri.

Tetapi, itu adalah cerita lama yang di kemas menjadi sejarah dalam beberpa versi, hari ini .. 69 tahun telah berlalu. Wajah bangsa ini sedah banyak berubah, jika dahulu masih sibuk dalam melawan penjajah dan sistem kolonialisme, maka sekarang bangsa Indonesia sedang disibukan mempertahankan kedaulatan bangsa ini. Mengingat negara indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 setelah Amerika Serikat, lanscape yang berpulau –pulau, daerah maritim yang kaya dengan hasil laut, dan negeri 1000 bahasa dan seni. Tentunya sangat sulit mempertahankan kemerdekaan negara ini. Tetapi hal itu sekarang masih bisa di atasi dengan adanya bhineka tunggal ika, semboyan pemersatu bangsa dan negara Indonesia.

Bicara Kemerdekaan Indonesia, berarti juga bicara soal pemuda nya, bagaimana heroiknya para pemuda saat itu yang mendesak Soekarno untuk menyatakan proklamasi dan mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia dengan tekad dan kesungguhan para pemuda akhirnya proklamasi dapat terlaksana. Saat itu para pemuda mempunyai peran besar untuk keberlangsungan hidup negera Indonesia.

Sekarang 69 tuhun sudah cerita itu berlalu, bagi mereka, para pemuda yang tidak ingin belajar dari cerita itu mungkin haitu hanya menjadi cerita- cerita di buku sejarah dan tidak untuk di ulangi. Tetapi bagi para pemuda lain yang menginginkan tegaknya kemerdekaan yang sesungguhnya, merdeka dari Penjajahan, Intervensi dan campur tangan bangsa lain, bebas berkarya di negeri sendiri demi kemajuan dan kesejahteraan, cerita dalam sejarah itu harus terulang kembali. Sesuai dengan pembukaan dalam UUD 1945 alinea pertama,

“Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hal segala bangsa. dan oleh sebab itu maka, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan , karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan.”

Bahwa sejarah itu harus terulang kembali bagaimana peran pemuda menjadi sangat penting di dalam perubahan yang sedang terjadi. Mengingat kondisi indonesia pada saat ini sedang ramai dengan isu politik, hukum dan HAM, perdagangan, ekonomi, dan pasar bebas. Para pemuda agaknya harus mengambil peran yang strategis sebagai bagian dari masyarakat dan pengontrol kehidupan sosial. Karena pemuda adalah poros pergerakan bangsa, ditangan pemuda lah masa depan sebuah negara.

Perjuangan pemuda atau Generesi Muda dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekan tidaklah harus mengangkat senjata dan bertempur di medan perang, perjuangan juga bisa dilakukan lewat Bidang Ekonomi, Pendidikan,Teknologi, Politik dan Sosial Budaya. Namun jika memang sangat mendesak, Generasi Muda juga harus siap turun ke medan pertempuran untuk berjuang demi Indonesia.

Peran pemuda dan Generasi Muda haruslah sesuai dengan bidangnya, Generasi Muda yang berkonsentrasi pada bidang ekonomi haruslah menjadi Ekonom – Ekonem yang handal dan profesional dalam pekerjaannya, begitu juga yang berkonsentrasi pada bidang teknologi, agar kita mampu bersaing dengan negara lain dalam bidang teknologi dan informasi. Pada bidang sosial dan budaya, diharapkan Generasi Muda mampu menjaga dan melesterikan adat dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia yang berusaha mempromosikan kepada pihak luar agar menjadi salah satu Identitas bangsa dan peluang pariwisata.

Eksistensi bangsa Indonesia kini berada di tangan pemuda, tinggal 31 tahun lagi Indonesia genap 100 tahun menjadi sebuah negara, menjadi negara Republik yang merdeka dan bebas dalam arti yang sebenarnya. Mampu bersaing dan menjadi negara maju yang sejajar dengan negara – negara besar lainnya.

”Karena perjuangan akan terus berlanjut, maka rintangan akan selalu datang. Siap – siap untuk menang, bagi mereka yang mau berjuang. Pemuda kini akan menjadi pemimpin dimasa datang. Generasi Muda harusnya tertantang. Demi mewjudkan Indonesia yang Gemilang. Karena masa itu pasti akan datang.”
Sumber : hadimaulanayussuf.wordpress.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply