» »Unlabelled » RANCANGAN PROGRAM KERJA KNPI KOTA SEMARANG 2016



Rancangan:
PROGRAM KERJA DAERAH
DPD  KNPI  KOTA SEMARANG 




1.1.  DASAR PEMIKIRAN
                Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai wadah berhimpun organisasi kepemudaan, lahir sebagai jawaban terhadap kondisi bangsa khususnya Pemuda untuk lebih aktif dan mewarnai kehidupan bangsa yang sedang menapak menuju perubahan. Sejatinya, KNPI menjadi wadah pemersatu Pemuda Indonesia yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembangunan nasional, sehingga antara pemuda dan lingkungan strategis yang melingkupinya tidak bisa dipisahkan.
                Lintasan dan simponi sejarah mencatat bahwa pemuda merupakan pemeran utama dan memiliki peran strategis dalam setiap epilog perjuangan kemerdekaan dan perubahan bangsa. Pada setiap babakan sejarah perjuangan. Generasi muda selalu tampil paling depan memberikan jawaban atas tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. "Derap Iangkah Pemuda adalah perubahan".
                Semangat Kebangkitan Nasional yang dicetuskan kaum muda satu abad lalu tepatnya 21 Mei 1908, dan Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menyatakan satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air Indonesia menjadi momentum awal Kebangkitan Nasional, yang mengawali kesadaran kolektif dan politis untuk berkomitmen bersatu dalam bingkai Indonesia.
                Hakikat yang tertanam dalam Sumpah Pemuda; menjadi penyatu semangat persatuan para Pemuda, yang saat itu terpecah dalam berbagai aliran politik berjiwa kedaerahan dan keagamaan. Kesadaran kaum muda untuk berjuang dengan semangat nasionalistik telah merubah perjuangan yang semula kedaerahan, dan hanya untuk golongan, akhimya menjadi semangat yang menggema ke seluruh antero Indonesia, untuk bersatu, merebut kemerdekaan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.
                   Saat bangsa Indonesia menapak diri dalam mengejar ketertinggalan dangan melaksanakan pembangunan nasional, tepatnya 23 Juli 1973 para Pemuda mendeklarasikan kesatuan tekad untuk menyatakan kekuatan dan kesadaran tarut berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan dengan mendirikan Komite Nasional Pennrda Indonesia (KNPI). Suatu wadah berhimpun semua organisasi kepemudaan sebagai bentuk keterpanggilan dan kepedulian kaum muda dalam pembangunan dan tanggung jawab nasional untuk mencapai masyarakat Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan sentosa.
                Perjuangan dan derap langkah perubahan pemuda tidak pernah berhenti. Tahun 1998, sebagai momentum kesadaran generasi muda dalam proses demokrasi, untuk kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat telah mendorong Iahimya reformasi. Pemuda dari mulai kampus dan organisasi kepemudaan dengan gagah melakukan reposisi, redefinisi dan reformasi terhadap keadaan bangsa yang terpuruk akibat krisis ekonomi yang kemudian menjalar menjadi multikrisis.
                Kilasan sejarah ini telah menjadi spirit, dan menguak kesadaran kaum muda bahwa 71 tahun Kemerdekaan Indonesia, harus menjadi spirit dan reaktualisasi pemuda untuk bersatu, tidak terpecah belah akibat kepentingan sesaat, dan menyatukan tekad demi kejayaan bangsa Indonesia. Sekaligus dapat memotivasi generasi muda untuk senantiasa bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
                   Dengan demikian generasi muda Indonesia yang tumbuh dalam alam kemerdekaan akan selalu siap berperan mengatasi tantangan bangsa di masa kini dan di masa mendatang, serta mengemban tugas mengisi kemerdekaan dengan melindungi segenap kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan proaktif dan memajukan perdamaian dunia. Serta berperan aktif dalam pembangunan nasional demi kemajuan, kemakmuran, keadilan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
                Pemberdayaan Pemuda melaui pelaksanaan program kerja Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) haruslah diarahkan untuk menyiapkan kehidupan bangsa di masa depan KNIP sebagai wadah berhimpun Organisasi kemasyarakatan tidak hanya mampu menjadi perekat heterogenitas segala potensi masyarakat dalam menjawab tantangan masa kini dan akan datang, tetapi juga mampu memiliki kewajiban moral untuk membentuk kader-kader yang beriman bertaqwa sebagai sumber insani pembangunan.
                Oleh karenanya pembangunan kepemudaan tidak diabaikan dalam menyiapkan kehidupan bangsa di masa depan. Sesuai dengan visi dan arah kebijakan, maka pembangunan pemuda dalam wadah KNPI diarahkan untuk menyamakan visi, misi dan persepsi tentang pemberdayaan pemuda dalam menyikapi perubahan dinamika perkembangan yang terjadi dimasa depan. Juga harus mampu menjadi panduan dalam memadukan langkah serta implementasi kebijakan pembangunan dan upaya pemberdayaan pemuda dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pengendalian, baik yang dilakukan KNPI di tingkat pusat maupun daerah. Program kerja juga akan menjadi pedoman bagi KNPI, instansi terkait dan semua pihak yang terlibat di dalamnya, agar sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang harus dicapai dalam menghadapi tantangan perubahan di era persaingan global.
                Untuk itu, fungsi, tujuan dan usaha-usaha yang termuat dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KNPI perlu dijabarkan lebih lanjut dalam Pokok-Pokok Program Kerja Daerah (PPPKI) Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Semarang untuk periode selanjutnya.

1.2.        LANDASAN
Landasan Program Kerja KNPI adalah :
a.    Landasan Idiil Pancasila
b.    Landasan Konstitusional :
1.       Undang Undang Dasar 1945
2.       AD/ART KNPI
 c.     Landasan Operasional               :
1.       Semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928
2.       Deklarasi Pemuda Tahun 1973

1.3.       MAKSUD
Program Kerja Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Semarang dirumuskan dengan maksud untuk menjadi pedoman dalam pengembangan dan peningkatan program yang berkesinambungan dalam rangka mempersiapkan kader-kader bangsa yang berjiwa muda sebagai manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas dan profesional.

1.4.       TUJUAN
Tujuan Program Kerja KNPI Kota Semarang adalah untuk mewujudkan kondisi secara bertahap dan berkesinambungan, sehingga KNPI dapat memberdayakan\ serta  mengembangkan potensi yang dimiliki generasi pemuda  Kota Semarang guna mencapai tujuan yanq diatur dalam Anggaran Dana dan Anggaran Rumah Tangga KNPI .

1.5.       ARAH DAN STRATEGI 
A.  ARAH
Pengembangan dan peningkatan potensi serta kualitas dari setiap kader Komite Nasional Pemuda Indonesia dalam rangka :
a.         Membangun kebersamaan ide, gagasan dan langkah-langkah dalam keragaman latar belakang, visi, misi demi terlaksananya kegiatan-kegiatan nyata sesuai dengan maksud dan tujuan kehadiran Komite Nasional Pemuda Indonesia di tengah-tengah kehidupan masyarakat.
b.        Memberi nilai tambah pada aspek ketaqwaan, mental ideologis, wawasan kebangsaan, kepemimpinan, pengetahuan dan ketrampilan, sehingga mampu mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat bernegara dan sekaligus mampu menjawab berbagai permasalahan yang berkembang, seperti pemantapan kualitas demokrasi, peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan sumber daya manusia yang memberikan jaminan terhadap keamanan, kesehatan, produktivitas, estetika dan budaya manusia serta penegakkan supremasi hukum.
Sejalan dengan pemikiran di atas, maka Program Kerja  KNPI diarahkan pada :
a.         Pengembangan moral spiritual, mental ideologi, wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan ketrampilan, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan ekonomi kerakyatan, sehingga mampu berperan aktif dan kritis serta konstruktif sebagai subjek dalam kegiatan Pembangunan Nasional.
b.        Pengembangan komitmen kebangsaan, kemanusiaan, demokratisasi, keadilan dan kesejahteraan di kalangan kader KNPI khususnya dan masyarakat umumnya. Hal ini sebagai aktualisasi dari kesadaran untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang selaras, serasi dan seimbang.
c.         Pemantapan keberadaan, fungsi dan peran KNPI, sehingga tercapai kemampuan optimal dalam melaksanakan tugas-tugas pengembangan organisasi serta mampu mengakomodir, mengemban dan menyalurkan aspiraisi masyarakat.

         B.   STRATEGI
Berdasarkan arah GBPKO KNPI, maka strategi pelaksanaan Program Kerja  KNPI disusun sebagai berikut :
1.       Strategi Jangka Pendek
Strategi jangka pendek sesungguhnya merupakan rangkaian upaya untuk mewujudkan strategi jangka pendek dengan menitik beratkan pada kondisi daerah masing-masing sesuai dengan kondisi dan karaktristik wdaerah.
Adapun hal tersebut meliputi upaya-upaya sebagai berikut .:
a.       Memantapkan fungsi dan keberadaan KNPI sebagai wadah berhimpun. dalam rangka mengoptimalkan segenap fungsi, peran dan perangkat organisasi KNPI, untuk ikut serta memantapkan kehidupan berrmasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
b.       Membangun hubungan kemitraan dengan pemerintah, lembaga-lembaga swasta nasional serta lemibaga-lembaga informal, agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan secara terpadu, terkoordinasi dan berjalan lancer.
c.        Meningkatkan partisipasi dan sikap proaktif dalam menyikapi fenomena masyarakat yang berkembang secara dinamis.

2.       Strategi Jangka Panjang
Strategi jangka panjang meliputi upaya-upaya sebagai berikut :
a.       Peningkatan pemantapan profesionalisme sumber daya kader-kader KNPI dalam menghadapi tantangan globalisasi dan dalam membangun hubungan antar lembaga, organisasi dan instansi sesuai dengan garis – garis besar yang ditetapkan oleh AD dan ART..
b.       Memperkokoh rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dengan seluruh komponon bangsa di semua sektor kehidupan sejalan dengan dinamika kehidupan bangsa.
c.        Pemantapan iklim pengembangan organisasi yang kondusif, dalam rangka menumbuhkan komitmen dan perjiwaan yang tinggi terhadap nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, wawasan kebangsaan, sikap perilaku etis, moralitas dan semangat kepeloporan.

1.6.       BENTUK  PROGRAM KERJA :
Sedangkan implementasi dari pokok-pokok program umum yang dituangkan dalam program kerja organisasi terbagi menjadi 3 (tiga) bagian, yakni :
1.       Program bersifat rutin :
a.       Secara  rutin seluruh pengurus DPD KNPI Kota Semarang diberdayakan  untuk mensikapi  berbagai persoalan  yang terjadi di wilayah Kota Semarang dalam berbagai bidang aspek kehidupan berbangsa, bernegara dan  bermasyarakat.
b.       DPD KNPI Kota Semarang secara periodic menyampaikan hasil diskusi dan sikap pemuda kepada pihak – pihak terkait dan atau dipublikasikan melalui media massa.

2.       PROGRAM MANDIRI
adalah program yang dilakukan secara utuh dan mandiri dilaksanakan oleh kelembagaan KNPI tanpa keterlibatan dan dukungan kelembagaan lainnya. Baik bersifat internal kelembagaan KNPI ataupun melibatkan kelembagaan lainnya sebagai partisipan.

3.       PROGRAM KEMITRAAN
adalah program kegiatan yang dilakukan secara bersama atau bersifat kerja sama timbal balik antara kelembagaan KNPI dengan, OKP adan atau PK KNPI serta  instasnsi / dinas terkait   sesuai garis – garis program kerja KNPI.

4.       PROGRAM PARTISIPASI
Adalah program yang dilaksanakan oleh kelembagaan lainnya, dengan melibatkan kelembagaan KNPI sebagai partisipan, atau sebagai leading sector dari sisi peserta dan atau  sebagai nara sumber. Dalam kegiatan ini KNPI selalu berpartisipasi aktif dengan mengirimkan atau memberdayakan seluruh potensi pengurus yang berminat atau memiliki  responsif terhadap kegiatan tersebut.

1.7.             SUMBER DANA  KEGIATAN :
a.       Sumber Dana pelaksanaan Kegiatan Program Kerja DPD KNPI Kota Semarang berasal dari APBD Kota Semarang  inclued pada instansi atau dinas yang membidangi lembaga kepemudaan.
b.      Bantuan dari Instansi / lembaga swasta yang sifatnya tidak mengikat.

1.8.             PENUTUP :
Demikian  kerangka acuan pelaksanaan Prorgam Kerja DPD KNPI Kota Semarang  masa bhakti 2013 – 2015  sebagai pedoman pelaksanaan  tugas, fungsi dan peran  KNPI Kota Semarang untuk periode selanjutnya Semoga Tuhan Yang Maha Esa  selalui meridhoi ikhtiar dan perjuangan kita.  Amin.


Ditetapkan                      : Di Semarang.
Pada tanggal : 15 Desember  2015

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply