» » Pemuda Berkarakter Pejuang Bangsa





Pemuda Berkarakter Pejuang BangsaKecemasan akan badai topan moral dan peradaban tengah menghantui pendidik, tokoh agama dan pengerak moral di belahan dunia barat dan timur. Umat manusia sedang diambang kehancuran peradaban, orang-orang dengan segala tingkatan usia, lebih besarnya adalah generasi muda sedang diombang ambingkan oleh tekanan dan rayuan hedonism hidup melalui suguhan dunia maya (internet, Facebook, Twitter dan jejaring sosial media canggih itu) dan juga media cetak serta segala bentuk, model dan ragam entertainment music. Dunia kehidupan dugem, hura hura, penyalahan narkotika, pergaulan bebas dan sejenisnya adalah ancaman bagi kelestarian budaya timur dan agama yang menjunjung tinggi moral dan peradaban bermartabat. Kebebasan yang disalahgunakan, kemerdekaan yang tak dibatasi kemanusiaan, syahwat hewani yang ingin puas tanpa batasan dan segala jenis turunan sifat hewan dan iblis yang merasuki banyak kalangan dunia hiburan adalah bencana sosial yang segera akan meruntuhkan nilai-nilai moral, kebudayaan dan peradaban mulia.

Dalam kondisi seperti di atas, kehadiran pemuda begitu penting. Sejarah mencatat betapa hebatnya pemuda ashabul kahfi yang dinukilkan al-qur’an..Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri[Maksudnya: berdiri di hadapan raja Dikyanus (Decius) yang zalim dan menyombongkan diri.], lalu mereka pun berkata, “Tuhan Kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; Kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, Sesungguhnya Kami kalau demikian telah mengucapkan Perkataan yang Amat jauh dari kebenaran”. (QS. Al-Kahfi (18):13-4).

Ketika tsunami moral dan peradaban segera menghantam pertahanan agama, moral dan keadaban, maka tentu semua alat penangkalnya harus diberdayakan sedemikian rupa. Keterlibatan dan kesungguhan para pemuda untuk menjadi pelopor dalam penguatan nilai-nilai agama adalah salah satu pilihan yang hendaknya segara diwujudkan. Menanamkan nilai-nilai kejuangan, sejarah dan kisah-kisah Al-Quran adalah cara cerdas untuk mendorong jiwa anak muda yang bersih kejalan yang benar. Kegalauan sebagian anak-anak muda dan orang dewasa tentang tidak adanya tokoh panutan dan idola yang akan mereka tiru, harus segera ditutupi dengan menyuguhkan kembali kisah Al- Quran yang la raiba fihi.

Kisah ashabul kahfi yang sudah berlangsung jauh sebelum datangnya Rasul Muhammad SAW, dan kemudian di kisahkan Al-Quran adalah peristiwa kehidupan yang hendaknya dapat diberi makna lebih dari sekadar kisah. Keteguhan iman, kekuatan prinsip dan kematangan diri mereka dalam menghadapi kekuasaan tirani raja Dikyanus adalah sukses story sekelompok anak-anak muda yang tak mudah larut dalam gerak zamannya. Pemuda ashabul kahfi adalah protipe pemuda pejuang, patriotic, memiliki semangat baja dan kepribadian luhur yang mestinya harus ada setiap zaman. Pemuda al- kahfi adalah pemuda yang tidak menyerah pada zaman, tetapi adalah pemuda yang bekerja dan berjuang untuk mengubah zaman.

Modal dan kapasitas seperti apa yang dimiliki oleh tujuh pemuda al-kahfi itu, sehingga dia dicatatkan dalam kitab suci dan menjadi legenda sejarah nan abadi, itu adalah bahan sejarah yang bernilai tinggi yang harus digali dan diteladani generasi mendatang. Keteguhan dan ketangguhan iman ashabul kahfi terlihat sekali, ketika mereka tidak mau menyerah dan menerima arogansi dan tirani yang dilakukan oleh pemerintah ketika itu, Raja Dikyanus. Ia menolak penjajahan kemanusiaan, pemuda itu tidak mau berkompromi dengan kesesatan dan mungkaran yang dilakukan oleh penguasa. Pemuda tersebut lebih memilih keluar sistim, ia memilih pergi bersembunyi ke gua dari pada harus menerima kenyataan yang bertentangan dengan hati nurani dan kebenaran yang diyakininya. Ia tidak panik menghadapi kondisi buruk yang dialami. Mereka meminta perlindungan pada Allah SWT pencipta kehidupan. (QS. Al-Kahfi, (18):10.)

Pemuda cerdas dan tanguh ashabul kahfi itu tidaklah tipe kaum muda yang cepat menyerah terhadap tekanan dan tantangan kehidupan. Mereka yakin pada kekuatan petunjuk dari sang pencipta. Mereka percaya ada selalu hidayah, pentunjuk Allah, disaat mana arahan intelektual tidak tersedia lagi. Pemuda al-kahfi bukanlah pemuda yang mudah ditipu oleh pengalaman, pengetahuan dan filsafat manusia saja, mereka memiliki keyakinan kokoh akan adanya hidayah Allah yang akhirnya dapat menyelesaikan sesulit apapun keadaan. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. (QS. “. (QS. Al-Kahfi (18):13).

Keteguhan hati dan kejelasan prinsip hidup tujuh pemuda al-kahfi adalah guru berharga yang harus diteladani sepanjang zaman. Keteguhannya pada prinsip untuk tetap berpendirian kebenaran yang diyakininya telah mereka sebagai sosok teladan dan memperoleh prestasi hidup selama lebih tiga ratus tahun. (QS. Al-Kahfi, (18):25-6). Prinsip mereka yang jelas dan tidak tergoyahkan disaat berhadapan dengan raja Dikyanus itu dicatat sebagai bentuk dari keteguhan hati yang mereka dapatkan secara sempurna. Buah dari keteguhan itu menjadikan mereka orang yang tidak ragu sedikitpun menyatakan keyakinanya pada siapa Tuhan yang harus mereka taatinya (QS. Al-Kahfi (18):14).

Mencermati kisah hidup ashabul kahfi yang direkap ulang Al- Quran amat sangat patut untuk dijadikan inspirasi, motivasi dan aspirasi hidup bagi generasi muda era global yang terayun-ayun dalam gelombang hedonis yang mencemaskan. Karakter sebagai pemuda beriman, menjemput rahmat dan memiliki prinsip yang teguh tidak akan datang sendiri. Pendidikan, pembiasaan dan perjuangan berkelanjutan adalah media yang harus dimaksimalkan. Tanpa kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas sulit merah sukses yang hakiki. Selamat berjuang dan melahirkan sejarah untuk masa depan.


Sumber : http://www.padangekspres.co.id/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply