» » Pembinaan Pemuda , Investasi Masa Depan

Pembinaan Pemuda , Investasi Masa Depan

Bangsa kita yang multietnis dan multikultural sangat membutuhkan sikap setiap individu dan kelompok untuk mampu meredam perbedaan menjadi suatu kebersamaan tanpa melunturkan akidah yang tumbuh dalam iman setiap insan. Sikap ini merupakan keutamaan yang wajib diimplementasikan dalam kehidupan sebagai bangsa. Cita-cita dan idea inilah yang mendasari tercetusnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Dalam janji setia yang dideklarasikan oleh perwakilan seluruh pemuda Indonesia saat itu, disepakati untuk berbangsa satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu: Indonesia.

Semangat nasionalisme dalam kurun waktu sepuluh windu (80 tahun) mengalami pasang surut. Interaksi global yang mengeksploitasi berbagai ideologi dan kultur manca negara, hampir tidak pernah rehat, merongrong kedigdayaan Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Akan tetapi bangsa kita masih teguh untuk senantiasa melakukan reaktualisasi semangat Sumpah Pemuda dengan berbagai makna, namun tegas tujuannya yakni bertekad menjaga integritas, martabat dan jati diri bangsa di tengah interaksi global.

Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi berbagai generasi kita untuk menjadikan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Maka perlu setiap saat kita mengingatkan betapa dalam makna yang yang terkandung, khususnya terkait peranan generasi muda dalam menyongsong globalisasi segala dimensi dengan era keterbukaan yang tanpa batas. Rekontruksi dan reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda, memang sudah selayaknya bahkan menjadi keharusan. Dengan demikian, berarti kalangan generasi masa kini perlu menggali kembali karakter semangat nasionalisme yang dimiliki kalangan pemuda yang menggagas Sumpah Pemuda untuk meraih kemerdekaan.

Sumber : http://duniapemuda.com/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply