» » 5 Jenis Tenaga Ahli Indonesia yang Dibutuhkan Dunia

5 Jenis Tenaga Ahli Indonesia yang Dibutuhkan DuniaBadan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menunjukkan, lebih dari 6,5 juta tenaga kerja Indonesia yang bekerja di 178 negara. Mereka bekerja di berbagai sektor dan terbilang sukses.

Sesungguhnya, Indonesia bisa dibilang tidak kekurangan tenaga kerja berkualitas. Asalkan tenaga kerja yang ada di dalam negeri bisa diberdayakan dan dimaksimalkan. Jika tidak, maka jangan heran jika negara lain yang akan 'memanen' tenaga kerja Indonesia.

Sebagian besar dari tenaga ahli asal Indonesia yang bekerja di luar negeri, umumnya pernah mengenyam pendidikan di luar negeri. Mereka belajar berbagai disiplin ilmu mulai dari pesawat terbang, perkapalan hingga industri strategis lainnya. Namun sayangnya, mereka yang sudah belajar di luar negeri justru tidak kembali ke tanah air dan memilih untuk bekerja di luar negeri.

Salah satu alasannya tentu masalah penghasilan. Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri umumnya memperoleh penghasilan yang lebih besar dibanding jika mereka bekerja di dalam negeri.
Data terbaru dari Diaspora Indonesia, ada sekitar 8 juta tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Mereka berasal dari berbagai macam profesi mulai dari pengusaha, peneliti, mahasiswa, pekerja profesional hingga Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dilihat dari negaranya, salah satu yang cukup gencar memburu tenaga kerja Indonesia adalah Jerman. Tenaga kerja asal Indonesia umumnya dipekerjakan di sektor industri. Salah satunya industri penerbangan. Tidak hanya Jerman, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga ikut menikmati kecerdasan dan keahlian tenaga kerja Indonesia.
Di bidang apa saja tenaga ahli Indonesia banyak diminati dunia? Berikut merdeka.com mencoba merangkumnya.

Sumber : http://www.merdeka.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply